Program Corporate Social Responsibility sejatinya menjadi program yang dapat memberikan manfaat bagi para entrepreneur dalam menjalankan bisnis ditengah keterbatasan modal yang dimiliki. CSR ini menjadi salah satu bentuk modal sosial yang dapat memberikan value yang optimal bagi para entrepreneur dalam berbisnis.

Oleh karena itu, entrepreneur harus benar-benar memberikan perhatian khusus untuk membangun kualitas diri, kualitas bisnis serta hubungan dengan pengelola program CSR atau program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL).
1.       Mendefinisikan bisnis para entrepreneur dengan tepat.

Konsep bisnis yang jelas akan menentukan bagaimana entrepreneur dimata pengelola program CSR. Hal ini perlu mendapatkan perhatian setiap entrepeneur sehingga karakteristik dari bisnis mereka menjadi jelas.
2.       Membangun kualitas diri
Kualitas diri menjadi penting ketika setiap entrepreneur hendak mendapatkan perhatian lebih dari pengelola program CSR/PBKL. Hal ini berhubungan dengan bagaimana entrepreneur harus meningkatkan pengetahuan, keterampilan, sikap dalam berbisnis dengan terus belajar, belajar dan belajar.
3.       Membangun kualitas bisnis
Ini menjadi penting karena dilihat oleh setiap pengelola program agar bisa memberikan bukti bahwa bisnis yang sudah mereka pilih adalah bisnis yang bagus dan menjanjikan untuk jangka panjang. Seringkali orang kurang memperhatikan akan hal ini dan pastinya akan berdampak kepada persepsi dari setiap pengelola CSR kepada mereka.
4.       Aktif dalam program CSR
Aktif dalam berbagai kegiatan yang dijalankan oleh pengelola program CSR adalah bagian terpenting untuk setiap entrepeneur dalam mendapatkan manfaat dari program tersebut.
5.       Membangun komunikasi yang efektif dan berkelanjutan dengan pengelola program
Hal ini tergambar dari bagaimana entrepreneur membangun komunikasi secara intens dengan pengelola dalam konteks melaporkan apa yang sudah dilakukan, menyampaikan apa yang dicapai, rencana kedepan dan bahkan secara rutin memberitahukan progress atau perkembangan dari setiap apa yang sudah dicapai oleh entrepreneur.

Oleh: Tim STRABIZ Management Consulting 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: