Beruntunglah setiap entrepreneur yang bisa menjadi binaan dari program Corporate Social Responsibility (CSR) ataupun Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) yang diberikan oleh perusahaan-perusahaan Milik Negara. Hal ini menjadi strategis ketika entrepreneur harus mengembangkan bisnis dan menghadapi kendala dalam hal modal. Ketika bicara program CSR/PKBL, akan relevan dengan modal sosial yang dapat dimanfaatkan oleh entrepreneur dalam berbisnis.

Ketika sudah menjadi binaan program CSR dan/atau PKBL, entrepreneur juga tetap harus berfikir stratejik. Beberapa hal yang perlu dilakukan adalah
1.       Sadari bahwa entrepreneur sudah menjadi binaan CSR dan/atau PKBL perusahaan
Ini menjadi penting dan stratejik ketika entrepreneur memiliki mindset yang berubah dimana mereka menjadi binaan perusahaan ini melekat tanggungjawab yang besar pada diri entrepreneur dan ini menjadi penting karena akan menentukan sikap, tindakan dan berbagai hal  yang berhubungan dengan status mereka sebagai binaan.

2.       Pahami aturan-aturan yang berlaku di perusahaan tersebut
Hal mendasar yang wajib dilakukan oleh setiap entrepreneur adalah memahami setiap aturan-aturan yang ada dalam perusahaan tersebut dan pastinya akan berhubungan dengan bagaimana entrepreneur harus bisa menjalankan setiap aturan. Penting bagi entrepreneur ketika setiap aturan bisa dijalankan dengan baik dan akan berdampak kepada entrepreneur itu sendiri.

3.       Jaga nama baik diri dan perusahaan setiap entrepreneur
Jaga nama baik diri dan perusahaan menjadi kunci sukses entrepreneur karena pada saat itu, sudah melekat nama perusahaan yang memberikan program CSR/PKBL bagi entrepreneur. Jangan sampai salah ketika entrepreneur tidak bisa menjaga nama baik, akan berdampak kepada kualitas mereka menjadi seorang binaan. Sebaliknya ketika mereka bisa menjaga nama baik, maka akan bisa membuat mereka menjadi jauh lebih baik dan binaan terbaik dari perusahaan.

4.       Jaga komunikasi  dengan pengelola CSR/PKBL
Ini yang penting juga ketika entrepreneur harus bisa menjaga komunikasi secara intens dan teratur dengan perusahaan agar bisa membuat saling pengertian dengan mereka. ini penting karena pengelola program CSR juga membutuhkan mereka dan memberikan berbagai informasi yang relevan dengan mereka.

Oleh Tim STRABIZ Management Consulting 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: