Salah satu modal social yang harus dimanfaatkan oleh setiap entrepreneur dalam berbisnis adalah program Corporate Social Responsibility (CSR) dan/atau program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) yang diberikan oleh perusahaan, baik kecil, menengah ataupun besar kepada para entrepreneur. Jelas ini harus benar-benar dimanfaatkan agar bisa menjadi modal dalammencapai tujuan bisnis itu sendiri. Oleh karena itu, entrepreneur perlu
a.       Mempersiapkan legal aspect perusahaan

Mulai berfikir bagaimana entrepreneur mempersiapkan legal aspect dari perusahaannya untuk bisa memenuhi syarat yang diajukan oleh para perusahaan yang memiliki program CSR/PKBL. Hal ini berhubungan dengan surat keterangan usaha bagi yang belum memiliki badan usaha atau badan hukum. Tentu diharapkan memiliki badanusaha atau badan hukum, berupa CV atau PT.

b.       Meningkatkan kapabilitas bisnis entrepreneur
Kapabilitas yangdimaksud adalah bagaimana entrepreneur bisa memiliki knowledge, skill dan attitude yang tinggi dalam hal keuangan, pemasaran, business process dan sumber daya manusia.

c.       Meningkatkan mindset entrepreneurship,
Hal ini berhubungan dengan diri setiap entrepreneur dimana mereka menjadi pelaku usaha dan pastinya diharapkan mindset, kompetensi diri dan karakter yang kuat menjadi pertimbangan perusahaan untuk memberikan kesempatan menjadi binaan mereka.

d.       Mempersiapkan agunan
Hal ini berhubungan dengan program yang dana bergulir sehingga diharapkan dapat memberikan jaminan kepada perusahaan yang memiliki program CSR/PKBL. Hal ini berupa kendaraan atau asset lainnya.

e.       Mempersiapkan dokumen pribadi
Dokumen pribadi seperti KTP, Kartu Keluarga  yangharus disiapkan oleh para entrepreneur agar dapat program CSR/PKBL.
  
Oleh Tim STRABIZ Management Consulting 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: