Untuk menjalankan sebuah software yang terintegrasi dalam sebuah bisnis yang dijalankan oleh setiap entrepreneur adalah sebuah tuntutan agar bisnis bisa mencapai keunggulan bersaing dalam menghadapi perubahan lingkungan bisnis yang begitu cepat, tidak bisa dikontrol sehingga menimbulkan ketidakpastian dan berubah secara tiba-tiba. Hal ini sudah menjadi fakta yang tidak bisa dibantahkan oleh setiap entrepreneur.

Inilah yang menuntut setiap entrepreneur untuk bisa memanfaatkan teknologi informasi yang dibutuhkan oleh bisnis mereka. beberapa hal yang harus dilakukan oleh setiap entrepreneur dalam berbisnis adalah

1.       Mindset untuk meningkatkan kinerja bisnis
Mindset untuk meningkatkan kinerja bisnsi adalah dasar  yang menggerakkan setiap entrepreneur agar menjalankan sebuah software dalam mencapai tujuan bisnis masing-masing. Tidak dapat dipungkiri bahwa mindset untuk meningkatkan bisnis ini menjadi penting. Tentu dalam hal ini entrepreneur perlu menganalisis posisi sekarang dari bisnis mereka dan nantinya harus mencapai apa sehingga dapat diukur peningkatannya.
2.       Mindset untuk mencapai keunggulan bersaing
Tidak cukup hanya terjadi peningkatan, akan tetapi harus mengarah kepada pencapaian keunggulan bersaing. Dalam hal ini, entrepreneur harus bisa memberikan value yang optimal bagi setiap ektivitas bisnis yaitu bagaimana bisa jauh lebih baik daripada  yang ditawarkan oleh pesaing kepada konsumen. Competitive advantage adalah kondisi yang harus dicapai oleh entrepreneur dalam menghadapi persaingan.
3.       Memetakan proses bisnis yang ada
Untuk memanfaatkan software bagi bisnis para entrepreneur, perlu dimiliki pemahaman yang mendalam terhadap proses bisnis yang dijalankan oleh setiap entrepreneur. Hal ini penting untuk diketahui ketika proses bisnis yang tidak dapat dipahami dengan baik, akan menimbulkan kesalahan dalam software yang digunakan untuk bisnis tersebut.
4.       Memperbaiki proes bisnis
Proses bisnis yang ada harus diperbaiki agar entrepreneur mendapatkan proses bisnis  yang benar-benar terbaik. Ini menggambarkan bagaimana entrepreneur memiliki proses bisnis yang handal untuk dijalankan dalam mencapai produk yang superior bagi konsumen.
5.       Menganalisis software  yang relevan dengan setiap aktivitas bisnsi
Pada akhirnya, entrepreneur harus kembali kepada pemilihan software  yang relevan dengan proses bisnis yang ada sehingga mereka harus benar-benar bisa memberikan software  yang sesuai dengan bisnis yang dijalankan dan tujuan yang hendak dicapai yaitu keunggulan bersaing.
Oleh Tim STRABIZ Management Consulting



Share To:

meriza hendri

Post A Comment: