Dalam sebuah kelas yang membahas tentang SAP, system Application and Product in data Processing, ada sebuah pertanyaan yang diberikan oleh entrepreneur tentang bagaimana entrepreneur harus memanfatkan IT untuk berbisnis. Hmm… rasanya, pertanyaannya sederhana sekali akan tetapi, kalau dilihat secara mendalam, akan semakin penting karena berhubungan dengan bisnis yang dijalankan oleh entrepreneur.
Konsep IT yang digunakan oleh entrepreneur menjadi penting sebagai BACKBONE setiap bisnis yang dijalankan


1.       Memetakan IT yang ada di perusahaan
Bagi banyak orang, mungkin yang dimaksud dengan Information and technology adalah jaringan berbasis server yang harus dimiliki entrepreneur dan membutuhkan modal atau investasi yang tidak sedikit. Memang tidak salah, akan tetapi, sejatinya entrepenuer harus memetakan juga berbagai peralatan yang ada dalam perusahaan. Mulai dari Komputer, server, laptop, handphone dan lain-lain yang relevan dengan aktivitas bisnis perusahaan.
2.       Menghubungkan IT dengan business process perusahaan
Setiap perlengkapan dan peralatan yang ada di perusahaan dihubungkan dengan business process yang ada dalam perusahaan. Sekecil apapun produk yang ada, diharapkan mampu berkontribusi pada proses bisnis perusahaan tersebut.
3.       Menuliskan peran IT
Peran yang dimiliki oleh peralatan tersebut dituliskan secara detail karena tidak semua orang dalam perusahaan memiliki pemahaman yang sama dengan owner. Sudah seharusnya setiap entrepreneur menuliskan apa yang harus dicapai oleh mereka dengan peralatan tersebut.
4.       Menjadikan IT tersebut sebagai dasar bagi entrepreneur dalam menjalankan bisnis.
Ini berhubungan dengan mindset karena banyak sekali peralatan yang dimiliki entrepreneur dalam berbisnis, akan tetapi, tidak dimanfaatkan dalma bisnis mereka. Semuanya menjadi tidak ada apa-apanya ketika tidak dimanfaatkan dalam bisnis setiap entrepreneur.   
Oleh Tim STRABIZ Management Consulting 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: