Hampir setiap perusahaan saat menyadari bahwa bisnis yang mereka jalankan menghadapi tantangan yang sangat berat dimana perubahan lingkungan bisnis yang begitu cepat, tidak pasti, tidak bisa dikontrol dan mengalami turbulensi. Inilah yang sangat terjadi bagaimana entrepeneur harus bisa memberikan perhatian lebih kepada perubahan lingkungan bisnis.

Agar bisnis bisa berjalan dengan baik dan mencapai tujuan yaitu profit, people, planet, sustainability serta tumbuh dan berkembang. Oleh karena itu, beberapa tips yang bisa dimanfaatkan dengan baik.
1.       Tulis dulu apa yang dikerjakan di perusahaan setiap entrepreneur.

Menuliskan apa yang dikerjakan dalam perusahaan adalah awal bagi setiap entrepeneur membangun Enterprise Resources Planning (ERP). Semuanya berbasis kepada apa yang ada dalam setiap aktivitas perusahaan dalam bentuk keuangan, pemasaran, proses bisnis dan sumber daya manusia.
2.       Mengerjakan apa yang ditulis
Hal yang mendasar bagi perbaikan sistem adalah sejauh mana konsep yang ditulis tersebut dijalankan oleh setiap orang dalam perusahaan. hal ini menjadi penting karena apa yang ditulis tersebut harus diuji coba dan dijalankan dengan baik.
3.       Kemudian di uji apa yang ditulis dan yang dikerjakan serta hasil yang dicapai
Ujian ini dilakukan dengan bagaimana setiap entrepreneur melihat hasil yang dicapai yang kemudian dibandingkan dengan target yang ditetapkan. Tentu akan ditemukan gap atau kesenjangan antara harapan dengan realisasi sehingga jelas apakah posisinya hasil lebih tinggi daripada target, sama dengan target atau lebih rendah daripada target.
4.       Membuat desain dalam bentuk software yang menjadi
Inilah tips yang paling tinggi dimana mulai setiap entrepreneur melakukan pembuatan sistem dalam konteks ERP itu. ERP itu bisa dikerjakan sendiri dan oleh orang lain. Saran saya, lebih baik bekerjasama dengan orang lain dalam membuat setiap aktivitas dalam bentuk software.

Oleh: Tim STRABIZ Management Consulting 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: