Keberhasilan setiap entrepreneur dalam menjalankan bisnis sangat dipengaruhi oleh seberapa konsisten mereka membuat anggaran perusahaan yang notabene adalah alat untuk mengontrol keuangan perusahaan, baik penerimaan maupun pemasukan yang memang berkorelasi dengan konsep TP = TR – TC yang menjadi tujuan bisnis yaitu meningkatkan profit.

Oleh karena itu, sudah menjadi kewajiban setiap entrepreneur untuk bisa focus dalam mendesain anggaran perusahaan dengan baik.

1.       Memiliki mindset yang kuat bahwa keberhasilan perusahaan itu diawali oleh pengelolaan keuangan perusahaan oleh para entrepreneur
Hal ini menjadi dasar bagi setiap entrepreneur dalam menjalankan bisnis karena berhubungan dengan bagaimana bisnis mereka tersebut harus berbasis kepada pengelolaan keuangan. Hal ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendasar bahwa fungsi keuangan adalah alat yang bisa digunakan oleh enrperenuer dalam menilai sehat atau tidaknya sebuah perusahaan dalam mencapai tujuan.
2.       Memahami business process perusahaan
Anggaran perusahaan diusahakan berbasis kepada aktivitas yang ada dalam perusahaan tersebut. Aktivitas ini akan menimbulkan sejumlah biaya  yang harus dikelola dengan baik agar tidak lepas dalam konteks bisnis sehingga semuanya terukur dengan baik untuk melihat seberapa banyak aktivitas  yang berhubungan dengan entrepreneur dalam menjalankan bisnis.
3.       Memetakan sumber penerimaan dari perusahaan
Revenue stream adalam bagian penting bagi setiap entrepreneur dalam menjalankan bisnis,semuanya harus benar-benar diukur produk atau jasa yang bisa memberikan income kepada perusahaan. Bahkan ini juga berhubungan dengan penerimaanperusahaan hasil investasi, artinya penerimaan yang tidak berasal dari proses operasi perusahaan. Akan tetapi,harus tetap dicatat
4.       Memetakan struktur biaya perusahaan,
Biaya yang melekat pada setiap aktivitas perusahaan terdiri dari biaya tetap, biaya variable dan biaya semi variable. Hal ini harus benar-benar dipahami oleh setiap entrepreneur dengan baik untuk memberikan value kepada perusahaan untuk menghitung cost dan melakukan control atas biaya tersebut.
5.       Membuat anggaran perusahaan
Barulah setelah itu entrepreneur membuat anggaran perusahaan untuk masa satu tahun dimana anggaran ini menggambarkan bagaimana aktivitas perusahaan berhubungan dengan total revenue, total cost dan total profit yang didapat perusahaan selama satu tahun.
Oleh Tim STRABIZ Management Consulting 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: