Setiap keputusan bisnis  yang harus diambil oleh entrepreneur memang harus didasarkan kepada laporan keuangan yang dibuat oleh setiap entrepreneur dan tim manajemen mereka. kualitas keputusan akan sangat ditentukan oleh bagaimana laporan keuangan yang mereka buat dapat memberikan informasi untuk entrepreneur.
Disinilah tuntutan bagi setiap entrepreneur dalam membuat keputusan bisnis berdasarkan laporan keuangan dalam perusahaan mereka. beberapa tips membuat laporan keuangan adalah

a.       Memahami karakteristik perusahaan, apakah manufaktur, jasa, perdagangan
Ketiga bisnis ini memiliki karakteristik yang berbeda-beda sehingga harus dilihat secara mendalam tentang karakteristik mereka yaitu manufaktur, jasa, perdagangan.

b.       Mendalami proses bisnis
Proses bisnis harus dipahami dengan baik karena akan menentukan kualitas analisis laporan keuangan setiap entrepreneur nantinya.

c.       Memiliki tim akuntansi yang professional
Ini yangpaling sering kali diabaikan oleh entrepreneur yaitu bagaimana tim akuntansi yang mereka pekerjakan tidak professional sehingga kualitas laporan keuangan juga menjadi sangat rendah.

d.       Mendalami laporan akuntansi
Laporan keuangan yang dibuat oleh tim akuntansi harus benar-benar didalami dengan baik sehingga tergambar tentang posisi keuangan dan kesehatan perusahaan.

e.       Membuat keputusan berdasarkan laporan keuangan.
Setiap keputusan yang dibuat entrepreneur harus berbasis kepada laporan keuangan. Artinya, setiap keputusan tersebut harus dibuat secara logis dan memperhatikan posisi keuangan perusahaan. Keputusan itu juga harus berimplikasi pada keuangan berupa profit.
Oleh Tim STRABIZ Management Consulting 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: