Salah satu permasalahan yang paling sering dihadapi oleh setiap entrepreneur dalam berbisnis adalah masalah keuangan yang mereka hadapi, baik itu masalah keuangan pribadi ataupun masalah keuangan perusahaan. kedua masalah keuangan tersebut saling berhubungan satu sama lain dan pastinya akan berdampak pada keduanya. Inilah kemampuan yang harus dimiliki oleh setiap entrepeneur untuk mencapai sukses dalam hidup, baik untuk diri maupun dalam bisnisnya. Ada beberapa tips yang bisa diambil oleh setiap entrerepreneur,

1.       Pahami keuangan diri
Keuangan pribadi itu sangat berbeda dengan keuangan bisnis karena sebagai seorang entrepreneur, tentu kehidupan pribadi itu berhubungan dengan keuangan. Ada satu konsep dasar yang tidak bisa dilupakan bagaimana keuangan keluarga lebih cenderung untuk konsumtif meskipun ada juga sebagian yang digunakan untuk investasi seperti tabungan dan lain-lain.
2.       Pahami keuangan bisnis
Perbedaan utama dengan keuangan bisnis adalah bagaimana perusahaan itu memiliki orientasi untuk mendapatkan profit dimana ada konsep TP = TR – TC yaitu total profit dihasilkan dari total revenue dikurangi total cost. Pengelolaan keuangan dihubungkan dengan pengelolaan penerimaan dengan pengelolaan biaya.
3.       Pisahkan keuangan pribadi dengan keuangan bisnis
Pisahkan keuangan pribadi dengan keuangan bisnis yang akan digunakan oleh setiap entrepreneur dalam berbisnis. Keuangan pribadi itu harus jelas dan entrepreneur perlu menepatkannya dalam rekening terpisah.
4.       Kelola keuangan pribadi
Manajemen keuangan pribadi itu menjadi penting, mulai dari membuat perencanaan, pengorganisasian, pengelolaan dan control.
5.       Kelola keuangan perusahaan dengan baik
Hal yang paling penting sekarang adalah pengelolaan keuangan perusahaan itu sendiri dimana disini harus jelas perencanaan keuangan perusahaan yang dibuat dalam bentuk anggaran, pengelolaan keuangan melalui cost control, pencatatan akuntansi sampai dengan analisis rasio laporan keuangan yang akan dilaporan kepada manajemen dan entrepreneur.


Oleh: Tim STRABIZ Management Consulting 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: