Fondasi perusahaan saat ini adalah sumber daya manusia atau yang lebih dikenal dengan SDM. Peran dari SDM dalam bentuk karyawan ini menjadi vital dimana seluruh asset yang dimiliki karyawan yaitu knowledge, skill, attitude, experience, komitment, disiplin dan lain-lain harus dimanfaatkan oleh entrepreneur dan disebut sebagai human capital. Ketika karyawan sudah menjadi asset, maka asset itu harus dikelola dengan seoptimal mungkin.

Oleh karena itu, perlu dioptimasi setiap asset  yang ada dalam diri para entrepreneur dan hal ini dimulai dari struktur organisasi perusahaan para entrepreneur.


  1. Mendalami business process perusahaan
Struktur organisasi sebuah perusahaan diawali dari pemahaman kepada proses bisnis dalam perusahaan yang dimulai dari SIPOC yaitu supplier, input, process, output dan consumer.
  1. Membuat struktur organisasi perusahaan
Struktur organisasi dimulai dari membedakan antara owner, direksi, manajemen fungsional yaitu keuangan, pemasaran, operasi dan sumber daya manusia. Hal ini penting untuk membangun sebuah tim untuk menjalankan proses bisnis dalam perusahaan.
  1. Membuat hubungan antara posisi dan perusahaan
Hal ini menggambarkan bagaimana tanggung jawab setiap orang dalam perusahaan dan kepada siapa mereka melaporkan setiap kegiatan dalam perusahaan.
  1. Membuat jobdesc
Job description menggambarkan tugas-tugas yang harus dikerjakan oleh setiap orang dalam perusahaan.
  1. Membuat job specification
Entrepreneur harus membuat syarat-syarat setiap orang yang akan menduduki posisi dalam struktur organisasi tersebut. Syarat-syarat  yang berhubungan dengan knowledge, skill dan attitude serta pengalaman yang mereka miliki.
Oleh Tim STRABIZ Management Consulting 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: