Aset yang paling utama bagi setiap entrepreneur saat ini adalah manusia yang dalam hal ini menjadi asset bagi perusahaan agar mereka benar-benar bisa menjadi sumber yang dapat menggerakkan perusahaan untuk mencapai tujuan perusahaan yaitu profit, people, planet, sustainability serta bisnis yang tumbuh dan berkembang dari skalam mikro, kecil, menengah dan besar.

Disinilah tantangan setiap entrepeneur untuk menjadi seorang manajer sumber daya manusia yang mengelola asset yang paling besar. Hal yang berhubungan dengan sumber daya manusia adalah kompetensi yang harus terus ditingkatkan


1.       Desain struktur organisasi
Struktur organisasi adalah penting bagi setiap entrepeneur dalam menganalisis sumber daya manusia dalam perusahaan. Struktur organisasi ini penting karena berhubungan dengan bagaimana perusahaan itu membagi setiap orang dalam perusahaan untuk menjalankan pekerjaan di perusahaan.
2.       Lihat job desc dan job specisfication
Job description berhubungan dengan kumpulan tugas yang melekat pada suatu posisi dalam perusahaan. tentu harus dipahami dengan baik kumpulan tugas yang dimiliki dalam setiap posisi tersebut. Tentu hal ini didukung oleh kumpulan syarat yang harus dipenuhi oleh setiap orang yang akan menduduki jabatan tersebut.
3.       Lakukan assessment pada setiap entrepeneur
Entrepreneur perlu melakkan evaluasi atas target dengan realisasi yang dicapai oleh setiap orang dalam perusahaan dengan melakukan assessment. Atau yang paling minimal adalah bagaimana melakukan evaluasi secara rutin atas apa yang direncanakan dan apa yang dicapai oleh setiap entrepreneur dalam menjalankan tugas masing-masing.
4.       Cari training need analysis
Ini bagian yang paling penting bagi setiap entrepeneur dalam menjalankan training yaitu melakukan training need analysis atau yang seringkali disebut dengan TNA melalui perbandingan antara target dan realisasi tersebut.
5.       Desain pelatihan
Inilah bagian selanjutnya yaitu mendesain dan menjalankan pelatihan serta melakukan evaluasi atas pelatihan yang dilakukan oleh entrepeneur. Hal ini dimulai dengan menetapkan materi pelatihan, metode pelatihan, tempat pelatihan, peserta pelatihan serta instruktur pelatihan. Kemudian, dijalankan pelatihan tersebut yang nantinya dilakukan evaluasi pelatihan level 1, 2, 3, 4 dan Return on Training Investment.
Oleh: Tim STRABIZ Management Consulting 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: