Salah satu aspek penting dalam bisnis adalah bagaimana setiap entrepeneur harus bisa memasarkan produk mereka kepada target market dengan optimal. Target market yang sejatinya menjadi tujuan dari para entrepeneur dalam berbisnis karena dari merekalah uang perusahaan yang digunakan untuk membayar gaji dan bahkan laba perusahaan.

Sudah tidak waktunya lagi enteprneeur fokus kepada produk sesuai dengan keinginan mereka dalam konteks market driving akan tetapi harus berbasis kepada pasar atau market driven. Hal ini penting karena tingginya persaingan saat ini. ada beberapa hal yang harus dilakukan
1.       Fokus memahami pasar

Struktur pasar yang berhubungan dengan produk entrepreneur menjadi penting untuk dipahami karena menentukan tingkat persaingan yang terjadi di pasar tersebut. Apakah pasarnya monopoli, oligopoly, monopolistisk atau persaingan sempurna. Semuanya menuntut strategi yang tepat bagi para entrepeneur untuk berbisnis.
2.       Fokus memahami perilaku konsumen
Perilaku konsumen menjadi penting untuk dipahami karena berhubungan dengan bagaimana konsumen memahami need, want dan demand dan lalu mencari alternative produk yang ada serta menganalisis nya  untuk mendapatkan produk yang terbaik. Setelah itu mereka akan membeli dan merasakan produk yang dibeli untuk akhirnya dievaluasi. Semuanya berhubungan dengan perilaku konsumen.
3.       Memahami tawaran dari pesaing
Tawaran pesaing harus menjadi dasar untuk para entrepeneur sebagai dasar untuk perbandingan karena yang dicari konsumen saat ini adalah tawaran yang terbaik dibanding pesaing. Inilah yang terjadi saat ini dimana banyak sekali tawaran-tawaran dari pesaing.
4.       Memberikan value kepada konsumen
Berbisnis saat ini tidak boleh lagi hanya menawarkan produk kepada konsumen akan tetapi, lebih kepada value atau nilai yaitu perbandingan antara benefit dengan cost. Benefit terdiri dari produk,service, people dan image. Sementara cost, terdiri dari monetary cost, time cost, energy cost dan psychological cost. Tentu targetnya adalah meningkatkan benefit yang maksimal dan menurunkan cost secara relative.

Oleh: Tim STRABIZ Management Consulting 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: