Sebagai seorang entrepeneur, dituntut untuk bisa menjalankan manajemen dalam bisnis mereka untuk mencapai tujuan bisnis. Tentu entrepeneur tidak bisa berjalan sendiri karena banyak hal yang harus dilakukan oleh entrepreneur agar tidak salah. Kerugian yang sangat besar ketika entrepreneur tidak mampu mencapai tujuan bisnis tersebut dengan baik.

Oleh karena itu, konsep manajemen dalam konteks manajemen operasi menentukan keberhasilan entrepeneur untuk mencapai tujuan bisnis tersebut.
1.       Mendesain pekerjaan dalam business process

Prosess bisnis yang ada dalam perusahaan menjadi kunci untuk mencapai tujuan bisnis karena itu akan berhubungan dengan bagaimana entrepeneur mampu mencapai tujuan bisnis yaitu profit yang terdiri dari total revenue yang dikurangi total cost. Setiap aktivitas dalam business process menjadi kunci mencapai tujuan bisnis.
2.       Membuat job desc yang jelas
Job description atau gambaran tugas dari masing-masing aktivitas dalam business process harus dibuat secara detail agar setiap orang yang akan menjalankannya bisa secara efektif dan efisien. Bahkan tingkat detail dari job description ini menjadi kunci sukses.
3.       Menguasai pekerjaan dengan baik
Setelah itu, entrepeneur wajib bisa menjalankannya dengan baik. Tidak hanya bisa, akan tetapi harus sampai kepada mastery atau penguasaan atas apa yang direncanakan dengan baik. Entrepreneur wajib menguasai pekerjaan itu dengan baik.
4.       Mendelegasikan pekerjaan
Barulah entrepreneur memberikan delegasi kepada setiap anggota tim mereka untuk mengerjakan tugas tersebut. Delegasi adalah bagian penting dari konsep manajemen dan sejatinya pekerjaan itu dapat dikerjakan dengan baik oleh para bawahan dan ketika mereka menghadapi masalah, entrepreneur sebagai atasan mampu memberikan solusi kepada bawahan.  


Oleh: Tim STRABIZ Management Consulting 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: