Menjalankan bisnis saat ini selalu akan menghadapi perubahan lingkungan bisnis  yang ada disekitar bisnis mereka. Perubahan lingkungan yang pastinya memiliki sebuah karakter yaitu tidakpasti, tidak bisa dikontrol dan mengalami turbulensi. Hal ini adalah sebuah konsep dasar yang sejatinya harus benar-benar dipahami oleh setiap entrepreneur dalam menjalankan bisnis agar bisa mencapai sustainable competitive advantage untuk mencapai tujuan bisnis yaitu profit, people, planet, sustainability serta tumbuh dan berkembang.

Beberapa hal yang perlu dilakukan oleh para entrepreneur adalah
1.       Kesadaran bahwa bisnis mereka berada dalam sebuah lingkungan bisnis
Kesadaran yang mendalam tentang lingkungan bisnsi yang melingkupi bisnis setiap entrepreneur adalah awal yang sangat penting karena menunjukkan bagaimana persepsi entrepreneur terhadap lingkungan bisnis dan bisnis mereka sendiri. Adanya kesadaran memberikan arahan dalam mindset mereka bahwa mereka harus peduli kepada lingkungan bisnis.
2.       Karakteristik lingkungan bisnis
Seorang entrepreneur diharapkan tidak bersifat naïf yang berarti bahwa mereka seolah-olah mellihat bisnis itu adalah berjalan seperti yang diharapkan. Salah besar ketika entrepreneur melihat bahwa tidak ada yang berubah dalam lingkungan bisnis. Sejatinya lingkungan bisnis tersebut memiliki karakter selalu berubah, tidak pasti, tidak bisa dikontrol dan mengalami turbulensi.
3.       Jenis-jenis lingkungan bisnis para entrepreneur
Setiap entrepreneur harus menyadari bahwa mereka memiliki tiga lingkungan bisnis yaitu lingkungan individu yang notabene adalah entrepreneur itu sendiri, lingkungan internal bisnis dan lingkungan eksternal bisnis.
4.       Dampak lingkungan bisnis pada bisnis mereka masing-masing
Masing-masing lingkungan bisnis memberikan dampak kepada bisnis itu sendiri dalam artian keberlangsungan bisnis mereka itu akan sangat ditentukan bagaimana mereka mengelola lingkungan bisnis tersebut agar bisa memberikan kontribusi berupa penguatan kekuatan diri dan bisnis serta meminimalisir kelemahan selain mengoptimasi peluang dan meminimalisir ancaman yang ditimbulkan dari perubahan lingknugan.
5.       Mengetahui posisi bisnis di dalam lingkungan bisnis.
Yang paling penting pada akhirnya adalah entrepreneur harus memiliki pengetahuan  yang kuat tentang posisi mereka di pasar. Ini menggambarkan bagaimana entrepreneur perlu membuat sebuah matriks yang menggambarkan bagaimana mereka melihat diri mereka dari dalam dan juga di pasar. Ini akanmenentukan strategi yang tepat untuk dijalankan nantiny.
tulisan ada di www.strabiz.com

Share To:

meriza hendri

Post A Comment: