Minggu ini, saya berkesempatan berkunjung ke Kota Pahlawan, Surabaya setelah memberikan sharing dengan para pensiunan PT Antam Tbk tentang persiapan karyawan memasuki masa pensiun dengan memilih untuk menjadi pensiunpreneur. Sharing yang luar biasa karena meskipun usia belum seperti para peserta yang empat sampai lima tahun akan memasuki pensiun, akan tetapi, berkesempatan untuk sharing dengan mereka.
Alhamdulillah, para calon pensiunan dapat menangkap apa yang saya jelaskan dan rasanya, apa yang disampaikan tentang hakekat peran strategis dari setiap entrepeneur di negara ini yaitu mereka adalah para pahlawan bangsa menjadi penting karena dari merekalah akan berkontribusi pada pembangunan negara dalam mencapai tujuan mensejahterakan bangsa.

Setelah itu, saya berkesempatan mampir di Kota Pahlawan, Surabaya menuju Bandara dan entah sengaja atau tidak, bertempatan dengan bulan  November 2015 dimana pada tanggal 10 November adalah hari pahlawan dimana momentum memperingati bagaimana perjuanan pahlawan, khususnya Arek-Arek Suroboyo yang disimbolkan oleh Bung Tomo menggelorakan perjuangan mengusir penjajah dari negara ini. 
Sebagai seorang entrepreneur, tentu peringatan hari pahlawan ini menjadi begitu bermakna. Sungguh luar biasa seseorang yang memilih untuk menjadi entrepreneur karena ini adalah pilihan professional dimana ada pilihan lainnya yaitu menjadi karyawan dan lebih menjanjikan untuk mendapatkan penerimaan bulanan dari perusahaan. akan tetapi, entrepreneur memiih menjalankan bisnis dan menghadapi berbagai permasalahan yang terjadi di dalam bisnis itu sendiri.
Lalu, apa hubungannya? Hal ini tidak bisa dari tulisan minggu lalu tentang bagaimana entrepreneur memperingati hari Sumpah Pemuda yang pastinya sangat relevan dengan Hari Pahlawan. Perlu ditegaskan kembali bahwa saat ini, Indonesia membutuhkan para pejuang-pejuang yang dapat berkorban bagi negara. Pengorbanan yang dibutuhkan untuk membangun bangsa ini karena terlalu banyak masalah yang dihadapi untuk mencapai kemakmuran negara.
Kalau dulu, pejuang melakukan perlawanan kepada para penjajah dengan bambu runcing, sekarang pemuda diharapkan dapat berjuang dengan menggunakan otak, fikiran, tenaga dan waktu mereka dengan membangun bisnis. Bisnis yang dapat berkontribusi pada pembangunan negara dengan beberapa hal yang sangat strategik.
Pertama, entrepeneur dapat mengurangi pengangguran dinegara ini dengan menjadi seorang pengusaha. Salah satu masalah bangsa ini adalah pengangguran dan dengan menjadi seorang pebisnis, jelas, berkuranglah masalah di negara ini yang berhubungan dengan tenaga kerja. Seiring dengan itu, entrepreneur juga berkontribusi pada pembukaan lapangan pekerjaan bagi masyarakat. Dalam hal ini, entrepenreneur dalam membantu pemerintah dengan membuka lapangan pekerjaan yang menjadi salah satu masalah besar bangsa ini karena bangsa lebih fokus untuk memilih menjadi seorang job seeker atau pencari kerja daripada membuka lapangan pekerjaan. Ini adalah kontribusi nyata entrepeneur menjadi pejuang bangsa.
Yang ketiga adalah bagaimana entrepreneur memberikan penerimaan pada negara yaitu berupa pajak. Selanjutnya, entrepreneur juga bisa berkontribusi pada penerimaan negara dalam bentuk devisa ketika entrepreneur melakukan ekspor produk-produk mereka ke luar negeri. Kondisi ni memperjelas bagaimana entrepeneur sejatinya adalah pejuang bangsa dalam mengisi kemerdekaan yang sudah susah payah diraih oleh para pejuang. Ingat, mempertahankan kemerdekaan lebih berat daripada merebutnya.
Inilah  yang paling penting untuk disadari oleh para entrepeneur dalam momentum peringatan Hari Pahlawan 10 November 2015. Entrepeneur juga perlu meningkatkan mindset entrepeneurship mereka dalam menjalankan bisnis yaitu bagaimana melihat berbagai pelunang yang relevan dengan bisnis mereka.  Setelah itu, entrepeneur perlu meningkatkan kapabilitas organisasi perusahaan dari aspek keuangan, pemasaran, operasi dan sumber daya manusia.
Dari aspek lingkungan eksternal, entrepreneur perlu memahami perubahan lingkungan luar sehingga didapatkan peluang yang dapat berkontribusi pada bisnis dalam bentuk peluang dan meminimalisir ancaman dari lingkungan tersebut. Inilah makna peringatan Hari Pahlawan dan sejatinya entrepreneur terus meningkatkan kualitas bisnis mereka. Apakah anda siap menjadi pahlawan untuk bangsa ini? Hmmm….
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: