Beberapa hari yang lalu, sudah ada berita tentang bagaimana Upah Minimum yang akan diberikan kepada para pekerja di Kota Bandung. Tentu, dengan tidak mengecilkan arti untuk kota lain, ada satu pelajaran yang sangat berharga bagi para entrepreneur ketika membaca nilai yang diiminta dan disetujui oleh pemerintah Kota Bandung yaitu pada angka Rp. 2,6 juta an. Padahal yang diminta oleh pekerja adalah sebesar Rp. 3,6 juta perbulan.
 
Nilai tersebut tentu sudah memperhitungkan berbagai hal yang berhubungan dengan kebutuhan pekerja dan juga kepentingan perusahaan. keduanya memiliki kepentingan yang berbeda, akan tetapi, perlu bekerjasama karena dalam menghasilkan produk yang dibutuhkan oleh konsumen, kedua-duanya memiliki irisan dimana pekerja membutuhkan tempat kerja dan manajemen membutuhkan pekerja dalam melakukan proses bisnisnya.
 
Sebagai seorang entrepreneur, tentu hal ini adalah hal yang sangat mendasar untuk dipahami dengan baik karena akan menentukan bisnis mereka kedepannya. Konteks bisnis yang hendak dicapai yaitu profit, people, planet, sustainability serta bisnis yang tumbuh dan berkembang harus menjadi perhatian utama setiap entrepreneur dalam menjalankan bisnis.
 
Bicara tentang biaya yang harus dikeluarkan oleh setiap entrepreneur ketika bicara tentang bagaimana bisnis itu akan berjalan di tahun depan, tentu salah satu struktur biaya yang berhubungan dengan bagaimana setiap pekerja yang menuntut kenaikan gaji. Kenaikan gaji ini tentu akan menambah biaya yang terkandung dalam setiap produksi produk yang dihasilkan oleh entrepreneur.
 
Dilain pihak, tentu bagi entrepreneur harus melihat dan menganalisis secara mendalam konsekuensi dari kenaikan permintaan pekerja untuk gaji mereka. Semuanya akan mempengaruhi biaya yang akan dikeluarkan oleh entrepreneur. hal ini tidak bisa diabaikan oleh setiap entrepeneur karena ini akan menjadi ancaman.
 
Oleh karena itu, setiap entrepreneur perlu melakukan analisis terhadap proses bisnis mereka. Proses bisnis yang bertujuan untuk bisa mengelola cost atau biaya yang harus dikeluarkan entrepreneur dalam menjalanakn bisnis. Proses bisnis adalah hal yang pertama kali yang harus dikelola dengan baik sehingga akan diketahui tahapan mana yang bisa direduce atau dikurangi.
 
Selanjutnya, mengelola supplier yang pastinya akan berpengaruh terhadap proses bisnis nantinya. Supplier tentu akan berhitung kenaikan biaya karena mereka juga akan kena dampak atas tuntuan karyawan karena mereka memiliki karyawan juga. Selanjutnya, memperhatikan distributor yang bisa diminimalisir biaya untuk mereka dimana bisa membangun saling pengertian dengan distributor. Bagaimana dengan anda? Hmmm….
 
 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: