Minggu lalu, bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda yang sudah dinyatakan oleh pemuda dan pemudi Indonesia pada tanggal 28 Oktober tahun 1928. Peringatan yang sejatinya memiliki makna yang luar biasa sejalan dengan perjalanan sejarah Bangsa Indonesia, apalagi pada zaman sekarang dimana tantangan bangsa ini semakin besar.

Ada sumpah yang diucapkan oleh para pemuda pada tahun itu yaitu bertanah air satu, tanah air Indonesia, berbahasa satu, bahasa Indonesia serta berbangsa satu, bangsa Indonesia. Semangat Sumpah Pemuda ini sudah melekat pada pemuda dan menjadi modal yang sangat penting bagi pencapaian kemerdekaan Indonesia dari tangan penjajah. Lihat saja bagaimana semangat sumpah pemuda menjadi dasar bagi setiap pejuang meraih kemerdekaan.

Akan tetapi, tentu hal itu tidak cukup hanya pada diri para pejuang dulu. Sejatinya, semangat sumpah pemuda juga semakin kuat didalam diri bangsa ini karena tantangan yang semakin besar dalam menghadapi perubahan tata negara dan semakin kedepan, semua komponen bangsa bertanggungjawab atas perubahan dan tantangan tersebut dan harus menjadi dasar untuk meraih kesuksesan bangsa.

Teringat ucapan Soekarno, founding father bangsa ini yaitu musuh utama setelah meraih kemerdekaan adalah bangsa sendiri. Lihat saja bagaimana “musuh” bangsa ini yang terdiri dari bangsa sendiri yang memiliki perilaku yang sangat merugikan bangsa yaitu perilaku korupsi, perilaku merusak alam sampai dengan bencana asap, perilaku yang lebih mengutamakan kepentingan diri sendiri dan kelompok daripada bangsa secara keseluruhan.

Tentu hal ini akan membuat bangsa ini menjadi rusak dan pastinya akan mencederai kemerdekaan yang sudah diraih oleh para pejuang yang sudah mengorbankan jiwa dan raga mereka dalam mencapai kemerdekaan. Lalu, apa yang perlu dilakukan sebagai seorang generasi muda dalam mencapai tujuan bangsa ini?

Generasi muda menjadi pihak  yang paling bertanggungjawab atas kelangsungan dan kemajuan bangsa ini ditengah perubahan lingkungan global dan nasional yang begitu cepat. Salah satu peran sentral yang bisa diambil oleh setiap generasi muda adalah menjadi seorang entrepreneur atau wirausaha ditengah bagaimana bangsa ini harus benar-benar membangun aspek ekonomi, ideologi, lapangan pekerjaan serta rasa nasionalisme.

Salah satu tantangan terbesar bangsa ini adalah ekonomi dan ini berhubungan dengan bagaimana bangsa Indonesia bisa mandiri dengan ekonomi yang tidak lagi bergantung kepada orang lain. Semuanya harus benar-benar dijalankan dan dikembangkan oleh setiap generasi muda. Apalagi bangsa ini sudah sangat dikenal dengan kekayaan alam yang melimpah.

Oleh karena itu, sudah waktunya mindset setiap generasi muda untuk berubah dengan memiih menjadi seorang entrepreneur yang berbasis knowledge dalam bidang entrepeneurship, bisnis dan lingkungan bisnis serta manajemen dalam menjalankan dan mengembangkan bisnis. Harus menjadi pilihan professional mereka agar bisa membuat bisnis menjadi profitable, memberikan manfaat bagi banyak orang, menjaga kelestarian alam, sustainable dalam jangka panjang serta bisnis yang terus tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar.

Demikian juga dengan entrepreneur yang sudah menjalankan bisnis. Untuk mengisi kemerdekaan dan berkontribusi pada perkembangan bangsa ini, entrepreneur harus benar-benar terus belajar dan berlatih dalam meningkatkan kompetensi diri agar menjadi entrepreneur yang sukses dengan berbasis pengetahuan. Sudah sejatinya setiap entrepreneur menjadi seorang pembelajar untuk mengembangkan bisnis. Inilah tuntutan terbesar bagi setiap entrepeneur agar benar-benar menjadi entrepeneur sukses.

Ingat, pada dasarnya, entrepreneur itu adalah seorang pejuang dimana kalau dulu pejuang menggunakan bamboo runcing, akan tetapi, sekarang pejuang melalui bisnis yang dijalankan entrepreneur sehingga dapat memberikan value bagi negara ini. ingat, entrepreneur adalah pejuang dan sumpah pemuda dengan konteks satu tanah air, satu bahasa dan satu bangsa yaitu Indonesia adalah harga mati dan itu diterjemahkan dalam perjuangan membangun bisnis untuk memberikan manfaat bagi bangsa ini…SALAM JUARA….
Meriza Hendri, founder STRABIZ Management Consulting, GIMB Foundation



Share To:

meriza hendri

Post A Comment: