Hujan sudah mulai turun dan membasahi bumi Indonesia. Setelah sekian lama negeri ini berada di musim kemarau dan banyak tanaman yang mati. Bahkan dengan bencana alam berupa kebakaran hutan yang melanda negeri ini sangat terasa bagaimana dampak asap yang tidak habis-habisnya dan sangat dibutuhkan hujan agar bisa membantu memadamkan api kebakaran hutan dan menghilangkan asap yang sudah sangat mengganggu.

Bahkan sholat minat hujanpun dilaksanakan oleh umat muslim dengan harapan akan turun hujan untuk mengurangi dampak kebakaran hutan dan menghilangkan asap tersebut. Sholat minta hujanpun dilaksanakan sampai dengan tingkat nasional dimana pemerintah pusat yang diwakili oleh Wakil Presiden yaitu Jusuf Kalla sholat minta hujan di Mesjid Istiqlal bersama-sama puluhan ribu jamaah yang meminta hujan.



Sekarang, sudah memasuki musim hujan di negeri ini. Alhamdulillah, sudah turun hujan dan hampir merata turun hujan di negeri ini. beberapa hari ini sudah terlihat bagaimana hujan membasahi bumi pertiwi. Akan tetapi, banyak sekali berita yang menyampaikan bagaimana hujan sudah memberikan manfaat kepada rakyat selain juga ada bencana yang terjadi dimana-mana. Hujan yang terjadi pada hakekatnya adalah berkah yang diturunkan oleh Allah SWT.

Sebagai seorang entrepreneur, perlu dipahami bahwa hujan merupakan karunia Allah yang harus disyukuri. Memang terjadi bencana banjir, pohon tumbang, angin kencang, petir menggelegar sampai dengan tanah longsor yang terjadi di berbagai kota dan khususnya yang dekat dengan dengan entrepreneur di Bandung yaitu banjir di Bale endah, banjir di jalan Leuwi Panjang serta longsor di Lembang dan juga Garut.

Hal ini perlu menjadi perhatian bagi entrepreneur bahwa dalam musim hujan ini, entrepreneur perlu memperhatikan berbagai hal dalam menjalankan bisnis. Ancaman banjir akan mengganggu jalur transportasi pengiriman bahan baku dari supplier kepada pelaku usaha. Lalu, mengganggu proses karyawan menuju tempat bekerja selain menggaggu proses pengiriman barang dari perusahaan kepada konsumen. Intinya, business process perusahaan akan kena dampak atas bencana banjir yang melanda negeri ini.

Belum lagi tanah longsor yang pastinya secara langsung ataupun tidak langsung berdampak kepada konsumen  setiap entrepreneur. Oleh karena itu, entrepreneur perlu memahami musim hujan dan bagaimana dampaknya pada proses bisnis entrepreneur dimana dampak dari musim hujan pada perusahaan menjadi penting agar bisa diantisipasi dampak negative dari musim hujan.

Inilah salah satu bentuk bagaimana entrepreneur menjadi ahli strategi bisnis sehingga setiap perubahan lingkungan bisnis dapat diantisipasi oleh entrepreneur dengan menerapkan strategi yang tepat agar bisnis tetap mencapai keunggulan bersaing. Bagaimana dengan anda? Hmmm….
                                                                                                                                                                         
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: