Kemaren, ada satu peristiwa yang sangat berarti bagi banyak orang, khususnya yang pernah menonton film Unyil, yang banyak mengandung pelajaran bagi perkembangan sikap dan bahkan karakter anak-anak. Dialah Pak Raden, salah satu karakter yang ada di Film Unyil tersebut dan juga menjadi orang yang paling mendesain film tersebut.

Kepergian Pak Raden yang pastinya dikenal oleh banyak anak-anak yang sudah menjadi orang tua pasti membuat sedih dan kaget karena banyak hal yang sudah dipelajari dari beliau. Banyak nilai-nilai yang disampaikan oleh Pak Raden melalui film tersebut dan pastinya akan susah untuk ditiru dan bahkan diulang kembali. Pengabdian yang luar biasa dari Pak Raden untuk pengembangan diri anak-anak ditengah lingkungan anak-anak yang sudah jauh dari hal-hal seperti itu. Anak-anak sudah dijejali dengan lagu-lagu yang dewasa dan bahkan sudah terbiasa dengan hal-hal yang bersifat dewasa. Tentu hal ini membuat orang tua menjadi khawatir dalam mendidik anak yang memiliki karakter yang baik.

Ucapan selamat jalan dan semoga amal ibadah beliau diterima Tuhan Yang Maha Esa serta keluarga yang ditinggal selalu diberikan kesabaran. Pak Raden sudah banyak berbuat untuk pembentukan karakter anak-anak Indonesia yang terus konsisten dengan pola pendidikan dalam bentuk cerita serta menggabungkan audiovisual. Ceritanya sangat sederhana tetapi penuh makna yang bisa diambil oleh anak-anak.

Lalu, pelajaran apa yang bisa diambil oleh entrepreneur dalam menjalankan bisnis? Sebagai seorang entrepreneur, pelajaran dari Pak Raden adalah bagaimana beliau memiliki sebuah nilai dari apa yang dihasilkan. Nilai bagi orang banyak sehingga beliau benar-benar bisa memberikan hal yang luar biiasa bagi setiap orang yang berhubungan dengan bisnis, konteksnya adalah konsumen, pesaing, distributor dan juga supplier.

Lalu, konsistensi yang ditampilkan oleh Pak Raden dalam menjalankan apa yang mereka pilih yaitu bagaimana dari tahun 1980 an sampai sekarang dengan program membuat cerita dan film yang relevan dengan pengembangan karakteristik yang dimiliki oleh anak-anak. Bahkan sampai beliau meninggal selalu fokus dengan dunia anak-anak.

Rasanya, ini juga yang harus dilakukan oleh para entrepreneur dalam membangun bisnis dimana fokus dan konsistensi dengan bisnsi yang dijalankan. Artinya, terus menjalankan bisnis yang sudah dipilih dan bahkan dengan belajar tentang bisnis yang dijalankan. Tentu entrepreneur harus terus fokus dan konsistensi terhadap bisnis yang mereka jalankan.. so, bagaiaman dengan anda? Ambillah pelajaran dari Pak Raden… hmmm….
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: