Menjadi seorang entrepreneur itu harus benar-benar menjadi seorang marketer yang handal dalam menjalankan bisnis karena kesuksesan bisnis mereka akan sangat ditentukan oleh sejauh mana mereka bisa memasarkan produk kepada target pasar. inilah konsep dasar yang harus dipahami oleh setiap entrepreneur ketika mereka akan menjalankan dan mengembangkan bisnis. Menjadi marketer adalah sebuah keharusan.
Seringkali orang terjebak dengan konsep dasar ini karena memberikan tugas marketing kepada staff mereka dan lebih fokus kepada menjadi seorang entrepeneur dengan ikut berbagai kegiatan. Tentu hal ini boleh saja akan tetapi, sejatinya seorang entrepreneur adalah marketer handal. Oleh karena itu,
1.       Pelajari konsep marketing


Setiap entrepeneur wajib mendalami konsep marketing dengan baik sehingga akan memberikan value yang optimal bagi diri dan orang lain.
2.       Konsep selling adalah kunci unguk menjual
Selling itu berhubungan dengan bagaimana entrepreneur rmenjual produk mereka kepasar. Kemampuan menjual ini adalah sebuah ilmu dan seni sehingga jelas mereka harus benar-benar mampu menjual produk ke target pasar.
3.       Diri adalah sebuah produk
Diri adalah sebuah produk karena pada hakekatnya produk itu adalah sebuah solusi dan value. Jadi, keberadaan diri seorang entrepreneur harus benar-benar memberikan solusi kepada berbagai pihak dan bahkan memberikan value yang optimal kepada orang lain.
4.       Market kan diri sebelum memasarkan produk
Hal ini penting untuk setiap entrepeneur agar mereka memasarkan diri sendiri terlebih dahulu sebelum memasarkan produk yang mereka buat. Kenapa demikian? Karena pada hakekatnya, diri sendiri sudah memiliki teman, relasi dan lain-lain sehingga akan lebih mudah bagi setiap diri untuk dipasarkan.
5.       Setelah itu, jaga nama baik
Mempertahankan itu jauh lebih berat daripada mendapatkan dan ini tentu harus dipahami oleh setiap entrepreneur dalam memarketingkan diri. Tentu yang dipegang adalah trust atau kepercayaan dari setiap stakeholders.
Oleh: Tim STRABIZ Management Consulting 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: