Salah satu stakeholder yang sangat memiliki peranan strategik bagi perusahaan adalah supplier. Mungkin konsep dasar ini belum terlalu dipahami oleh banyak entrepreneur karena menganggap yang paling penting adalah konsumen yang membeli produk setiap entrepreneur. tentu mindset ini perlu dirubah karena supplier itu adalah pihak yang penting bagi entrepreneur dalam konteks bagaimana entrepreneur rmencapai profit karena supplier akan berhubungan dengan biaya yang dikeluarkan oleh setiap entrepreneur.
Biaya yang melekat pada diri supplier itu besar sekali dan rasanya, naïf bila entrepreneur tidak fokus pada pengelolaan supplier. Oleh karena itu, entrepreneur perlu


1.       Memetakan business process
Proses bisnis yang ada dalam perusahaan para entrepreneur perlu dipetakan dengan baik sehingga akan ditetahui peran dari supplier, input, process, output serta konsumen yang ada dalam perusahaan. ingat, pemetaan ini akan penting untuk menggambarkan pihak-pihak terkait dengan bisnis setiap entrepreneur.
2.       Memetakan supplier dari perusahaan
Selanjutnya adalah memetakan supplier dalam proses bisnis. Supplier adalah pihak ketiga dari perusahaan yang menyediakan produk, baik jasa ataupun barang kepada para entrepreneur sebagai bagian dari proses bisnis mereka dalam menghasilkan produk yang nantinya diberikan kepada para konsumen.
3.       Menganalisis kontribusi setiap supplier pada perusahaan
Setiap supplier akan memberikan kontribusi yang berbeda kepada perusahaan. kontribusi yang paling besar dalam dibedakan dengan hukum pareto sehingga entrepreneur bisa lebih fokus kepada konsep bagaimana memberikan perhatian kepada supplier yang berkontribusi 80% kepada perusahaan. jumlah mereka adalah 20% dari total jumlah supplier. Selain itu, entrepreneur juga menganalisis pasar dari masing-masing supplier dalam artian apakah monopoli, oligopoly, pesaingan sempurna.
4.       Menganalisis perilaku supplier
Perilaku supplier menjadi dasar untuk mencapai hasil terbaik untuk setiap entrepeneur dalam artian mereka memiliki persepsi dan motivasi bisnis kepada entrepeneur. Yang paling penting, mereka akan mendapatkan profit yang optimal dari layanan kepada entrepreneur.
5.       Membangun hubungan baik dengan supplier
Entrepreneur perlu melakukan Supplier Relationship Management (SRM) kepada setiap supplier sehingga dapat memberikan win-win relationship dalam jangka panjang sehingga menguntungkan bagi setiap entrepreneur dalam berbisnis.
Oleh: Tim STRABIZ Management Consulting 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: