Tanggungjawab setiap entrepreneur dalam menjalankan bisnis sebagai seorang ahli strategi adalah bagaimana strategi yang sudah dibuat mulai dari environmental analysis, strategic formulation dan strategic implementation adalah bagaimana melakukan evaluasi dan control atas apa yang sudah direncanakan dan dijalankan oleh setiap entrepreneur.
Aktivitas ini menjadi penting bagi setiap entrepreneur karena berhubungan dengan bagaimana entrepreneur bisa mencapai apa yang sudah ditetapkan sebagai tujuan entrepreneur dalam berbisnis. Visi dan misi serta tujuan dan sasaran yang hendak dicapai oleh entrepreneur harus terus dievaluasi pencapaiannya. Ini adalah dasar bagi entrepreneur dalam berfikir strategic bisnis. Oleh karena itu,
1.       

       Entrepreneur menyadari pentingnya berfikir strategic dalam bisnis
Inilah kunci bagi setiap entrepreneur dalam berfikir strategic yaitu bagaimana melakukan evaluasi atas strategi yang sudah dijalankan dan kemudian melakukan perbaikan.
2.       Fokus dalam melihat gap antara target dengan capaian
Kejelian entrepreneur melihat kesenjangan antara yang diharapkan dengan kenyataan menjadi faktor kunci dalam mengevaluasi setiap bisnis yang dijalankan oleh setiap entrepeneur.
3.       Mengevaluasi penyebab dari analisis lingkungan
Analisis lingkungan yang terdiri dari lingkungan internal, eksternal dan bahkan lingkungan diri sendiri sebagai seorang entrepreneur sehingga diketahui posisi mereka dipasar untuk dijadikan sebagai landasan untuk membuat strategi perusahaan.
4.       Evaluasi penyebab dari strategic formulation
Entrepreneur perlu melakukan evaluasi atas perumusan strategi mulai dari visi, misi, tujuan dan sasaran serta pilihan strateegi yang tepat oleh entrepreneur. hal ini berhubungan dengan bagaimana entrepreneur menetapkan apa yang hendak mereka capai dalam bisnis.
5.       Evaluasi penyebab dari strategic implementation
Strategic implementation perlu dievaluasi dalam konteks bagaimana entrepreneur membuat program, anggaran, SOP dan orang-orang yang duduk dalam posisi yang bertanggungjawab menjalankan program yang sudah ditetapkan oleh entrepreneur sendiri.
6.       Melakukan perbaikan terus menerus
Perbaikan terus menerus adalah kunci untuk mencapai visi dan misi yang sudah ditetapkan oleh setiap entrepreneur. hal ini berhubungan dengan bagaimana entrepreneur harus benar-benar mencoba melakukan perbaikan atas kesalahan yang ada. Caranya adalah dengan membuat strategi baru dan menurunkannya dalam bentuk program keuangan, pemasaran, operasi dan sumber daya manusia.
Oleh: Tim STRABIZ Management Consulting 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: