Dalam setiap kehidupan, ada life cycle atau siklus yang pastinya akan dihadapi oleh setiap makhluk hidup di dunia ini, termasuk sebagai seorang entrepreneur yang menghadapi siklus hidup dalam bisnisnya. Salah satu variabel yang paling berhubungan dengan siklus hidup bisnis adalah waktu itu sendiri dimana dimensi waktu yang ditunjukkan oleh tanggal ataupun perubahan waktu yang akan selalu diliewati oleh setiap entrepreneur.

Salah satu yang menjadi indikator dimensi waktu adalah bagaimana pergantian tahun yang selalu akan dilwati oleh entrepreneur dalam kehidupan ini. pergantian tahun dari 2015 ke 2016 adalah momentum yang sejatinya perlu dipahami dengan baik oleh entrepreneur karena waktunya menganalisis bisnis yang sudah dijalankan dan membuat rencana tahun depan untuk mencapai sustainable competitive advantage agar bisa terus mencapai tujuan bisnis yaitu profit, people, planet, sustainability serta tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar.

Sebagai seorang entrepreneur memang dituntut untuk bisa menjadi manajer bagi bisnis nya yang akan sangat berperan dalam mengembangkan bisnis karena boleh saja menjadi entrepreneur ketika membangun bisnis, akan tetapi, ketika menumbuhkembangkan bisnis, akan sangat dibutuhkan karakter seorang manajer agar bisa membuat bisnis menjadi besar, besar dan semakin besar. Konsep seorang entrepeneur akan sukses bila paham bisnis dan lingkungan bisnis dan akan membutuhkan manajemen ketika membuat bisnis itu tumbuh dan berkembang.

Disinilah perencanaan atau planning dan controlling dalam konteks manajemen yang seringkali dipahami oleh entrepreneur yaitu Planning, organizing, actuating serta controlling (POAC) dalam menjalankan bisnis yang menghadapi perubahan lingkungan bisnis yang begitu cepat, tidak bisa dikontrol, tidak pasti dan mengalami turbulensi. Hal ini dijalankan di akhir tahun ini yaitu diakhir tahun 2015 dengan melakukan evaluasi dan control terhadap capaian bisnis tahun 2015 dan membuat rencana bisnis untuk tahun 2016.

Inilah sejatinya setiap entrepreneur yang sukses ketika mereka akan membuat bisnis tumbuh dan berkembang ketika semuanya bisa mencapai tujuan bisnis dengan baik. Inilah yang harus dibangun dalam kerangka berfikir setiap entrepeneur.

Terakhir, mari kita tutup akhir tahun 2015 dengan terlebih dahulu melakukan evaluasi atas kinerja bisnis yang sudah dicapai selama satu tahun dan membuat rencana bisnis untuk tahun 2016. Bagaimana dengan Anda? Apakah sudah membuat rencana bisnis tahun 2016? Hmmm….
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: