Hidup itu adalah sebuah perjalanan yang harus dipahami oleh setiap entrepeneur dan bahkan setiap umat manusia ketika mereka di dunia ini harus mencapai kesuksesan dalam hidup, baik di dunia ataupun di akhirat. Rasanya, kalimat ini harus dipahami dengan baik dan mendalam karena berhubungan dengan bagaimana entrepeneur itu bisa mencapai kesuksesan yang tidak hanya untuk saat ini, akan tetapi juga dimasa yang akan datang.

Jangan sia-siakan waktu yang tersisa dalam hidup ini karena itu adalah sebuah proses yang sangat pendek dan akan menentukan masa depan bagi setiap entrepreneur di akhirat nanti. Kalau bisa dibandingkan, waktu yang ada di dunia ini hanya 1,5 jam dibandingkan dengan jam di akhirat dimana  setiap manusia itu akan kekal selamanya disana. Tentu hal ini harus benar-benar untuk pemahaman yang diberikan oleh Allah SWT kepada manusia.
 
Salah satu pilihan yang harus diambil oleh para entrepreneur adalah bagaimana bisa memilih untuk kemaslahatan hidup di dunia dan diakhirat berupa agama yang akan menjadi tuntunan agar bisa menjalani kehidupan dengan baik. Dan pilihanku adalah Islam sebagai agamaku yang menjadi tuntunan hidup di dunia ini sampai meninggal.

Entrepreneur sebagai salah satu kelompok manusia, adalah bagian yang perlu memahami dengan baik tentang agama ini karena berhubungan dengan bagaimana mereka menjalankan setiap aktivitas bisnis yang berhubungan dengan orang lain juga. Tidak bisa dipungkiri bahwa entrepreneur akan sangat membutuhkan hubungan dengan manusia, dalam konteks sebagai seorang karyawan, konsumen, pesaing, distributor, supplier dan bahkan kepada pemerintah, pelaku ekonomi dan lain-lain.

Sejatinya, seorang entrepreneur muslim, mendalami apa  yang ada di agama ini dalam konteks Alqur'an dan hadits yang sejatinya menjadi pedoman entrepreneur dalam berbisnis. Semuanya ada diatur di Alqur'an dan Hadis sehingga entrepreneur pasti tidak akan salah dalam berbisnis. Lihat saja bagaimana entrepreneur seringkali salah dalam menjalankan bisnis pada saat mereka memiliki bisnis yang berkembang.

Ketika entrepreneur memiliki mindset yang benar tentang agam islam sebagai pilihan hidupnya, insya Allah bisnis yang dijalankan tidak akan bertentangan dengan apa yang dilarang oleh Allah dan bahkan bisnis tersebut akan mendapatkan keberkahan yang luar biasa. Inilah yang akan menjadi kunci sukses dalam bisnis setiap entrepeneur.
Oleh: Tim STRABIZ Management Consulting 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: