Yang paling berat untuk menjadi seorang entrepreneur adalah bagaimana menjalankan segala sesuatu dengan basis yang kuat tentang pemahaman dan bahkan mengimplementasikan sesuatu yang didapat dalam setiap aspek kehidupan, apalagi dalam bisnis. hal ini akan terasa sekali dalam bentuk fikiran, keputusan dan tindakan yang dilakukan selama menjalankan bisnis. tidak bisa dipungkiri bahwa ini akan selalu dialami oleh para entrepreneur.

Menjadi seorang entrepreneur muda muslim itu adalah pilihan, artinya, boleh saja orang muslim untuk tidak menjadi entrepreneur muda muslim. Artinya adalah kalau menjadi entrepreneur muda muslim, mereka akan selalu menjadikan Alqur'an dan hadis serta penjelasan para ulama tentang ajaran islam dalam setiap aspek bisnis mereka. Inilah kuncinya, bukan berarti setiap muslim itu adalah entrepreneur muda muslim.



Oleh karena itu, jelas dasar yang harus dipahami adalah bagaimana menjalankan setiap aturan dan ajaran dalam Alquran untuk berbisnis. Banyak hal yang seringkali dilupakan oleh orang ketika mereka menyadari bahwa mereka itu sebenarnya adalah seorang entrepreneur muda muslim. Akan tetapi, berapa banyak dan seberapa dalam mereka mempelajari Alquran dan hadis serta mengimplementasikannya dalam kehidupan bisnis.

Oleh karena itu, saya mengingatkan diri dan juga teman-teman entrepreneur muda muslim untuk fokus membaca dan mempelajari serta menjalankan aturan Alquran dalam keputusan bisnis dan bahkan aktivitas bisnis. untuk itu, mulailah rutin membaca Alquran setiap hari. Kerutinan ini akan membuat entrepreneur dapat memiliki habit atau kebiasaan dalam membaca alquran. Pastikan itu bisa terjadi sebagai hal yang terus menerus dapat dialami oleh para entrepreneur.

Selanjutnya, entrepreneur muda muslim memahami setiap ayat yang ada. Ini bisa dilakukan dengan membaca terjemahan dalam setiap ayat dan menghubungkan dengan apa yang mereka alami dalam kehidupan ini. tidak dapat dipungkiri bahwa sejatinya banyak hal yang ada dalam setiap aktivitas bisnis. itu pasti ada sumbernya dalam Alquran.

Selanjutnya adalah mulai menjalankan setiap ayat dalam bisnis.ini yang paling penting karena akan mempengaruhi sejauhmana entrepreneur muda muslim menerapkan apa yang mereka dapatkan dalam Alquran tersebut. Inilah yang harus dimulai oleh entrepreneur secara rutin. Bismillahirrahmanirrahim. 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: