Pertanyaan ini disampaikan oleh salah seorang entrepreneur dalam kelas entrepreneur event 2014 kemaren, ketika saya memberikan materi tentang bagaimana membuat bisnis bisa berjangka panjang. Event yang dikelola oleh majalah wirausaha dan keuangan yang dikomandani oleh pak Isdiyanto.

Luar biasa program kemaren karena dihadiri oleh lebih dari 100 orang dan bertahan sampai jam 3 sore. Mereka adalah anak muda yang ingin menjadi entrepreneur dan bahkan ada yang sudah menjalankan bisnis tersebut. Semuanya antusias dalam mengikuti program.


Pertanyaan bagaimana budaya perusahaan menjadi penting ketika seorang entrepreneur ingin membentuk perusahaan yang unggul saat ini dan yang akan datang. Tingginya tingkat persaingan membuat entrepreneur harus benar-benar lebih baik daripada pesaing agar tetap dipilih oleh konsumen.

Mc Kinsey dalam 7S, menggambarkan factor yang menjadi pemersatu perusahaan adalah sejauh mana nilai-nilai perusahaan yang menjadi sumber keunggulan bersaing. Ini sudah ditunjukkan dengan bagaimana perusahaan besar mampu bertahan lama.

Bagi para entrepreneur, mereka lebih diuntungkan karena skala bisnis yang masih relative kecil sehingga memungkinkan untuk membuat budaya perusahaan sesuai dengan budaya yang mereka miliki.
Saat ini, kembali lagi kepada mereka untuk memperkuat budaya perusahaan dengan dasar budaya yang ada dalam diri entrepreneur. Ada integritas, disiplin, jujur dan terus belajar serta melayani konsumen. Ini menjadi penting untuk perusahaan kedepan.


Tidak boleh lagi entrepreneur hanya menjalankan perusahaan as usual karena itu akan berdampak kepada perusahaan jangka panjang. Oleh karena itu, belajar dari entrepreneur yang hadir kemaren, saat nya membangun budaya perusahaan yang kuat dalam diri mereka.
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: