Tahun 2016 sudah dimulai dan sudah memasuki tanggal 3 Januari 2016. Sebagai seorang entrepeneur yang ada di Kota Bandung, tentu sudah harus bisa memiliki pemahaman yang baik dan mendalam tentang apa yang terjadi di Kota Bandung. Lihat saja perkembangan yang terjadi di Kota Bandung pada tahun 2014 – 2015. Kota kembang yang dipimpin oleh Kang Emil sudah melakukan perubahan yang luar biasa sejak memimpin kota ini.

Kebijakan dan program yang dijalankan oleh Kang Emil sebagai sebuah peluang yang harus dimanfaatkan oleh entrepreneur dalam menumbuhkembangkan bisnis dari skala mikro, kecil, menengah dan besar sehingga menjadi penting bagi entrepreneur untuk fokus melihat apa yang sedang terjadi di Kota Bandung sebagai sebuah peluang yang harus dimanfaatkan secara optimal.


Rasanya, yang paling tepat untuk dilihat secara mendalam adalah program Bandung Juara yang menjadi tagline dan bahkan menjadi strategi yang diambil oleh kang Emil dalam memimpin kota bandung. Dua tahun sudah cukup untuk melihat kemana arah kota Bandung kedepannya. Bandung juara itu memiliki makna yang sangat strategis bagi setiap entrepreneur yang ada di Kota Bandung. Lihat saja, bagaimana sejatinya seorang entrepreneur memang harus menjadi juara dalam bisnis yang mereka jalankan dan kembangkan.

Konteks yang dikembangkan oleh entrepreneur dalam bisnis dengan menjadi juara adalah bisnis yang memiliki konsep sustainable competitive advantage atau keunggulan bersaing yang berkelanjutan dimana bisnis tersebut harus benar-benar unggul di atas pesaing yang terus mengejar entrepreneur dalam berbisnis. Mereka berupaya untuk mengalahkan entrepreneur dengan menawarkan produk yang lebih murah tetapi lebih baik agar bisa diterima oleh konsumen.

Ingat, konsumen saat ini semakin pintar dan semakin tidak loyal sehingga akan sangat susah bagi entrepreneur untuk mendapatkan dan mempertahankan konsumen ketika mereka tidak mampu menjadi juara dalam bisnis tersebut. Mudah mendapatkan konsumen baru dan mudah juga kehilangan konsuman tersebut. Tentu ini akan menjadi cost center bagi entrepreneur ditengah setiap orang berupaya untuk mencapai keunggulan bersaing  yang berkelanjutan.

Oleh karena itu, kembali diingatkan pada awal tahun 2016 ini bahwa sejatinya entrepreneur perlu fokus dalam mencapai keunggulan bersaing yang berkelanjutan dengan melihat apa yang sedang dan akan diberlakukan di Kota Bandung. Kebijakan kang Emil dalam mempercantik kota Bandung, membuat fasilitas umum yang semakin bisa memberikan value bagi masyarakat Bandung dan juga wisatawan dari luar kota untuk berkunjung ke kota Bandung.

Yang tidak kalah penting adalah bagaimana Kang Emil melakukan branding terhadap kota bandung itu sendiri ataupun city branding yang semakin dikenal oleh banyak orang dan bahkan dari luar negeri yang bisa mengetahui kota Bandung sebagai kota Kembang yang terus berbenah diri dalam membangun kota untuk mencapai kesuksesan.

Sebagai seorang entrepreneur, value  yang diberikan oleh pemerintah Kota bandung ini adalah sesuatu yang sangat relevan dengan asset yang sangat dibutuhkan oleh entrepreneur untuk memasarkan produk mereka di Kota Bandung, di Jawa Barat, di Indonesia dan bahkan di luar negeri. Saat nya entrepreneur kembali fokus mendalami konsep Bandung juara di tahun 2016 ini dan memanfaatkan untuk kepentingan pengembangan bisnis yang memiliki daya saing tinggi. SALAM JUARA.  
Meriza Hendri, founder STRABIZ Management Consulting, GIMB Foundation
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: