Dua hari saya sharing dengan teman-teman yang bekerja di salah satu perusahaan Oil and Gas di Indonesia. Perusahaan yang merupakan milik asing ini benar-benar kuat dalam membangun corporate culture yang ada dalam perusahaan. mereka bercerita tentang bagaimana sejatinya perusahaan fokus dalam meningkatkan nilai-nilai perusahaan untuk mencapai tujuan mereka selama ini. 

meskipun sebagai seorang Indonesia asli, para karyawan sudah memiliki nilai-mnilai yang diterapkan dalam perusahaan yang terus diberikan secara berulang-ulang kepada karyawan dalam bentuk pembelajaran dan realisasi pada diri setiap karyawan dalam bentuk aktivitas mereka sehari-hari. tentu hal ini menjadi bagian dari pada bagaimana manajemen setiap perusahaan membangun nilai yang ada di perusahaan. 


Bicara tentang nilai dalam perusahaan, saat ini perusahaan memiliki strategi yang tidak bisa dilepaskan dalam diri mereka untuk menggapai kesuksesan. kenapa demikian? karena strategi yang paling baik saat ini dalam menghadapi persaingan dan juga perubahan lingkungan yang begitu cepat, khususnya yang berhubungan dengan perubahan ekonomoi, adalah strategi yang berhubungan dengan corporate culture dan salah satu isinya adalah corporate value. 

nilai-nilai perusahaan menjadi perekat bagi perusahaan untuk menjalankan bisnis mereka. Berbagai komponen dalam perusahaan merekatkan diri mereka dalam nilai-nilai tersebut. Tentu tidaklah mudah bagi perusahaan untuk menyatukan berbagai orang dengan latar belakang yang berbeda-beda. Kondisi ini menuntut setiap entrepreneur untuk bisa membuat sebuah nilai bersama. 

Rasanya, pelajaran yang luar biasa bagi setiap entrepeneur ketika mereka ingin membangun perusahaan yang besar dan dalam jangka panjang. Nilai-nilai ini harus berangka dari dalam diri entreperneur dan juga dari orang-orang yang ada dalam perusahaan itu sendiri. Tidak boleh hanya asal copy paste nilai yang ada di masyarakat. karena belum tentu sesuai dengan karakteristik perusahaan mereka. 

Selanjutnya, nilai ini harus dikenalkan dan dipahami oleh setiap orang dalam perusahaan. kenapa demikian? mereka harus memiliki persepsi yang sama tentang nilai itu sendiri dalam perusahaan serta manfaatnya untuk mereka masing-masing. 

Setelah itu, barulah diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari para entrepeneur. Menjadi sebuah hal yang penting bagi entrepeneur untuk fokus dalam menjaga bagaimana nilai itu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dalam perusahaan dan bila ada yang berhasil menjalankannya dengan baik, berikan mereka reward dan bila ada yang tidak, berikan mereka punishment sembari memberikan coaching dan mentoring kepada mereka. 
so, sudah saatnya entrepreneur fokus dalam membangun nilai untuk perusahaan mereka dan berdasarkan kepada nilai pribadi dan orang-orang dalam perusahaan tersebut. 



Share To:

meriza hendri

Post A Comment: