Menjadi seorang entrepreneur yang sukses, adalah tujuan yang hendak dicapai agar hakekat menjadi entrepreneur sebagai pilihan professional benar-benar melekat dalam diri masing-masing. Kesuksesan menjadi entrepreneur itu harus diawali dengan pengelolaan keuangan yang optimal. "entrepreneur harus menyadari bahwa hakekat bisnis itu adalah bagaimana entrepreneur benar-benar bisa mengelola keuangan dengan baik" kata Meriza mengawali acara belbiz.

Memang keuangan menjadi backbone setiap bisnis yang harus dipahami oleh setiap entrepreneur. bahasan malam tadi tentang tips keuangan sukses keuangan diawali oleh yang pertama, mindset entrepeneur tentang bisnis. "entrepreneur harus memiliki mindset bisnis itu adalah create money dalam rumus TP = TR – TC" tambah Meriza. Create money itu adalah bagaimaan entrepreneur mencapai profit dalam bisnisnya.



Adam juga menggambarkan bagaimana mindset itu berupa pola pikir yang harus dimiliki oleh setiap entrepreneur. mindset itu menjadi dasar bagi entrepreneur dalam mencapai suksesnya. Tips yang kedua adalah memisahkan uang pribadi dengan uang bisnis dimana bagaimana entrepreneur benar-benar disiplin terhadap keuangan perusahaan" kata Meriza.

Secara gamblang Meriza menjelaskan tips ketiga yaitu membuat rencana bisnis yang berbasis kepada keuangan perusahaan, tips keempat tentang bagaimana entrepreneur memulai dengan uang sendiri karena itu penting untuk membangun rasa tanggungjawab. Tips kelima adalah memulai dari yang skala kecil dalam setiap bisnis, tips keenam melakukan pencatatan bisnis serta yang terakhir adalah bagaimana entrepreneur mengelola biaya atas seluruh biaya perusahaan.

Semuanya dibahas secara gamblang oleh Meriza, Adam dan ditemani oleh Kujang yang mengarahkan acara sehingga semakin tajam dalam diskusi dan bahasan yang diharapkan mampu memberikan pengetahuan serta keterampilan bagi para entrepreneur dalam menjalankan bisnis. Berbagai celotehan para narasumber serta pertanyaan yang disampaikan oleh sahabat K-Lite tentang bagaimana tips mengelola keuangan bagi usaha  yang bersifat musiman. Meriza menjawabnya dengan gamblang dengan contoh-contoh yang dapat dipahami yaitu bagaimana entrepreneur harus memahami bisnis yang bersifat musiman dan bisnis yang tahunan.
Yang tidak kalah penting dalam acara tadi malam adalah bagaimana kuis yang disampaikan oleh Adam dengan hadiah yang diberikan oleh Ayam Dower serta Strabiz Management Consulting. Banyak jawaban dari para pendengar K-Lite. Sampai minggu depan dengan bahasan tentang bagaimana tips pemasaran bagi entrepeneur di tahun 2016 ini untuk mencapai sukses dalam bisnis. SALAM BEBIZ
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: