"Menjual adalah keterampilan mendasar bagi setiap entrepreneur" begitulah Meriza memulai bahasan dalam BELBIZ atau belajar bisnis di Radio K-Lite yang disiarkan setiap jumat malam yang ditemani oleh Adam dan Kujang suryalaga tadi malam. Materi ini juga dijelaskan oleh Kunto Aji, pemimpin cabang Bank BJB Tangerang melalui bahasan di telepon.

Memang malam tadi bahasan tentang selling skill untuk mencapai kesuksesan dalam bisnis menjadi sangat menarik karena banyak sahabat K-Lite yang mendengarkan acara ini dan bertanya serta memberikan jawaban atas kuis yang disampaikan kepada mereka. Ini menjadi penting karena tema ini memang ditunggu-tunggu oleh wirausaha.



Untuk memberikan pemahaman  yang semakin dalam, diberikan tujuh tips  yang harus dilakukan oleh wirausaha untuk bisa sukses dalam menjual. Memang ini diberikan oleh MEriza dalam konteks fondasinya yang dapat dikembangkan oleh wirausaha. "Tips yang pertama itu adalah sejauh mana wirausah mengenal konsumennya dengan baik. Ini penting karena inilah awal kerangka berfikir wirausaha" kata Meriza. Hal ini juga didukung oleh pernyataan Kunto Aji yang menyatakan pentingnya wirausaha untuk mengenal secara mendalam setiap konsumen.

"Tips kedua, ketiga dan keempat adalah mengenal pesaing, membuat produk yang lebih unggul dan menawarkan value" tambah Meriza. Pesaing menjadi sumber untuk menjual karena konsumen saat ini mencari bisnis yang lebih unggul. Adam juga menjelaskan bagaimana pesaing itu harus dilihat dengan baik.
Selanjutnya adalah keterampilan menjual dengan Neuro Linguistic Program (NLP) juga dijelaskan oleh Meriza. 

"Tips ini penting agar entrepreneur bisa mendapatkan "hati" setiap konsumen dan menawarkan produk yang sesuai dengan need, want dan demand konsumen. Itulah tips kelima. Adapun tips keenam dan ketujuh berhubungan dengan evaluasi dan perbaikan terus menerus.

Inilah yang menjadi bahasan di Belbiz on Radio K-Lite tadi malam. Sepanjang diskusi, banyak pertanyaan yang disampaikan oleh wirausaha tentang bagaimana menjual y ang efektif dan bahkan berhubungan dengan karakteristik setiap entrepreneur dalam berbisnis untuk mencapai tujuan yang sudah mereka tetapkan dengan baik. Inilah yang perlu diperhatikan oleh setiap entrepreneur dalam berbisnis untuk mencapai kesuksesan berupa sustainable competitive advantage melalui penjualan.

Semua pertanyaan dijawab secara gamblang oleh Meriza dan dijelaskan secara rinci untuk membuat pemahaman sahabat K-Lite menjadi lebih baik. 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: