Bahasan tentang Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) adalah bahasan yang bersifat strategik dan semestinya, setiap entrepreneur tidak melepaskan diri dari pemahaman yang semakin mendalam tentang MEA. Kenapa demikian? Sejak pemberlakukan MEA tanggal 31 Desember 2015 ini, jelas entrepreneur diharapkan dapat memiliki mindset baru bagaimana membuat MEA menjadi sebuah peluang yang harus dimanfaatkan untuk pengembangan bisnis dan bukannya menjadi sebuah ancaman yang selama ini banyak dibahas oleh berbagai pihak.

Mindset atau sikap mental untuk benar-benar melihat MEA sebagai sebuah peluang dan memanfaatkan untuk kepentingan bisnis dan pengembangan bisnis adalah sesuatu yang harus dimiiki entrepreneur agar memiliki competitiveness atau daya saing yang tinggi. Karena salah satu tujuan daripada MEA adalah untuk meningkatkan daya saing bisnis di kawasan ASEAn. Daya saing menjadi bahasa yang umum dan dijadikan sebuah paradigma di ASEAN.

Tentu ini saja tidak cukup karena mindset sebagai sebuah hal yang mendasar dalam diri setiap entrepreneur dalam berbisnis. Mindset itu adanya di dalam diri setiap entrepeneur dan sejatinya entrepreneur harus bisa membuka diri untuk bisa mengembangkan mindset tersebut. Jangan terjebak dengan apa yang ada dalam diri saja. Akan tetapi, ini menjadi dasar untuk sukses dalam mencapai daya saing bisnis.

Hal mendasar lainnya adalah core competency setiap entrepreneur dalam berbisnis. Sebagai seorang entrepeneur, dituntut untuk kembali ke core competency dan harus terus dikembangkan agar bisa mencapai sustainable competitive advantage. Core competency berhubungan dengan kompetensi inti yang dimiliki entrepreneur agar bisa beberapa langkah di depan dan mengalahkan pesaing. Lihat saja bagaimana pengusaha sukses untuk terus menggali potensi dan passion serta menambah pengetahuan dan keterampilan dalam berbisnis.

Disinilah tantangan bagi entrepreneur untuk terus menggali bisnis yang dipilih dan terus mengembangkan. Semakin mengenali bisnis yang dijalankan, akan semakin terlihat peluang yang ada dan pastinya akan membantu setiap entrepreneur untuk fokus dengan bisnis tersebut. Jangan sampai terjebak dengan apa yang sudah diketahui dan rasanya sudah cukup. Gali terus bisnis dan pastinya akan banyak diketahui hal-hal baru dan bahkan akan menambah wawasan tentang bisnis.

Yang tidak kalah penting bagi entrepreneur kedepan dalam memanfaatkan MEA adalah fokus dengan bisnis tersebut. Fokus menuntut bagaimana entrepreneur benar-benar melihat bahwa bisnis yang dipilih adalah the only one dan pastinya harus memberikan superior value kepada setiap entrepreneur dalam berbisnis. Lihatlah pasar MEA sebagai sebuah peluang besar dan akan dituntut orang-orang yang fokus dalam bisnisnya.

Dua hal inilah yang penting untuk dipertimbangkan oleh setiap entrepreneur dan pastinya menjadi dasar untuk mencapai dan mengembangkan core competency dalam bisnis ditengah persaingan di pasar MEA itu sendiri. Bagaimana dengan anda? Hmmmmm….
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: