Menjadi komunikator unggul itu penting dan salah satu hal yang mendasar yang harus dilakukan oleh wirasuaha adalah mendengarkan setiap pembicaraan, baik lisan maupun tulisan yang disampaikan oleh audiens. Rasanya, kalimat ini menjadi penting ketika wirausaha akan membangun sebuah manajemen sistem dalam perusahaan dimana dalam konteks ini, wirausaha dituntut untuk bisa bekerjasama dengan banyak orang untuk mencapai tujuan.

Jelas sudah ketika wirausaha bermaksud untuk membangun sebuah manajemen sistem dalam perusahaan mereka masing-masing sangat tergantung kepada bagaimana tingkat keandalan orang-orang dalam perusahaan tersebut, kompetensi setiap orang dalam perusahaan akan sangat menentukan kualitas manajemen sistem yang dijalankan. Hal ini perlu menjadi sebuah kerangka berfikir yang benar bagi setiap wirausaha.


Konsep komunikasi dengan mendengarkan banyak orang dalam perusahaan menjadi key success factor yang tidak bisa diabaikan. Kenapa demikian? Karena setiap orang dalam perusahaan itu akan memberikan kontribusi pada perusahaan dalam menjalankan sistem manajemen. Ada sebuah kerangka berfikir yang sangat mendalam ketika wirausaha menganggap bahwa setiap orang dalam perusahaan itu adalah asset dan mereka memiliki ide, pemikiran, kreativitas, inovasi dan lain-lain yang dapat menjadi input dalam setiap keputusan bisnis.

Ini perlu menjadi perhatian utama setiap wirausaha dalam bisnis dan komunikasi menjadi kunci untuk sukses dalam bekerja dengan tim. Jelas tidak asal mendengar juga pada akhirnya karena berhubungan dengan bagaimana wirausaha mampu memilih dan memilah setiap hal yang berhubungan dengan bisnis tersebut. Pendengaran pada aspek-aspek yang relevan dengan bisnis menjadi input bagi wirausaha agar bisa mencapai tujuan dengan efektif dan efisien.

Itu yang pertama tentang konsep mendengar yaitu dengarkan yang benar-benar relevan dengan bisnis. Yang kedua adalah mulai menganalisis dampak kepada bisnis, wirausaha dituntut untuk selalu berfikir sistem yaitu input, process, output, outcome dan impact. Proses ini harus dilewati dengan baik dan pastinya harus dimiliki oleh setiap wirausaha ketika mendengarkan sesuatu yang relevan dengan bisnis masing-masing.


Yang ketiga adalah bagaimana wirausaha menjalankan masukan dari karyawan yang didengar tadi, hal ini relevan dengan bagaimana wirausaha melakukan perbaikan atas apa yang terjadi dan tidak hanya masuk lewat telinga kanan dan keluar melalui telinga kiri. Tentu hal ini tidak boleh sebagai seorang wirausaha dalam berbisnis. Ingat, setiap masukan itu ada pengaruhnya kepada bisnis, baik positif ataupun negative dan peran wirausaha adalah membuat keputusan. So, dengarkanlah….
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: