Pagi ini, saya sangat berbahagia karena salah satu binaan GIMB Foundation yang merupakan pebisnis yang masih muda, selalu terinspirasi dengan tulisan-tulisan dari portal juaranews.com. Media ini sangat bermanfaat bagi anak muda sebagai bentuk charging atas potensi yang ada pada diri mereka dan untuk menjadi juara dalam bidang bisnis yang selalu disebut dengan a successful Knowledge Based Young Entrepeneur (KBYE).


Pengetahuan yang didapatkan dari berbagai sumber dan salah satunya dari portal ini memang sudah menjadi model yang selalu disampaikan kepada anak binaan untuk menjadi juara. Tidak cukup menjadi juara hanya mengandalkan diri sendiri dan hanya belajar dari kesalahan dan selalu coba-coba yang pastinya membutuhkan cost yang tidak sedikit berupa monetary cost, time cost, energy cost serta psychology cost dari setiap entrepeneur.

          
Untuk itu, para entrepeneur selalu diberikan motivasi berupa "GO AND GET YOUR DREAM". Statement ini sering diucapkan untuk mendorong anak-anak muda mencapai mimpinya yaitu menjadi juara dalam bisnis berupa bisnis yang profitable dimana menghasilkan laba, memberikan manfaat bagi masyarakat (people), memberikan kelestarian pada lingkungan alam (planet), bisnis yang bisa tahan lama dan bahkan sampai puluhan tahun (sustainability) serta tumbuh dan berkembang dari mikro, kecil dan menengah serta bisnis berskala besar.
           Ini adalah bentuk mimpi dalam bisnis yang selalu diberikan kepada anak muda. Akan tetapi, bagaimana dengan mimpi yang lain? Memiliki bisnis yang besar, uang yang banyak, karyawan yang banyak, rumah, mobil dan lain-lain. Semuanya adalah dampak atas capaian bisnis diatas.
           Filosofi "GO AND GET YOUR DREAM" menjadi penting ketika entrepeneur sudah memulai usahanya. Banyak sekali tantangan yang harus dihadapi, baik dari dalam diri sendiri, dalam perusahaan dan apalagi dari lingkungan luar perusahaan yang sudah bersifat uncontrollable atau tidak bisa dikontrol, penuh dengan ketidakpastian serta bersifat turbulensi atau berubah secara tiba-tiba dan sangat dahsyat dampaknya bagi proses pencapaian mimpi tersebut.
          Untuk menghadapi kondisi seperti ini, "Go And Get Your Dream" bisa memberikan motivasi yang luar biasa kepada para calon juara yang dalam hal ini adalah binaan dan para entrepeneur. Secara mendalam, ada dua konsep yang ditekankan dalam kalimat tersebut dan saling berhubungan satu sama lainnya.
           Pertama, go. Dalam kata-kata go ini, ditekankan untuk terus bergerak untuk mencapai mimpi. Tentu banyak orang yang akan langsung berlari ketika mendengar kata-kata go. dalam kenyataanya, mimpi tidak akan pernah bisa dicapai bila calon juara tidak bergerak untuk mencapainya. Melalui apa? Bekerja, berlatih, belajar adalah beberapa kegiatan yang harus terus dilakukan.
           Banyak orang hanya bermimpi tetapi tidak mendapatkan apa-apa dari mimpi karena mereka tidak pernah go atau bergerak untuk menjalankan kegiatan untuk sampai pada mimpi. Mimpi untuk menjadi juara dalam bisnis, ya harus menjalankan bisnis tersebut dengan baik. Jalankan dan kelola keuangannya, pemasarannya, operasionalnya serta sumber daya manusia yang terlibat dalam bisnis tersebut.
            Profit, people, planet, sustainability serta tumbuh dan berkembang tidak akan pernah bisa tercapai bila tidak go dan melakukan aktivitas-aktivitas di atas. Akibatnya, mimpi saja dalam kenyataannya.
            Get your dream.... itu menggambarkan bahwa mimpi itu adalah hak setiap orang untuk mendapatkannya. Akan tetapi, meskipun hak, dibutuhkan usaha dan upaya yang sangat luar biasa sehingga mimpi tersebut benar-benar bisa direalisasikan. Allah Swt memberikan kesempatan kepada umatnya untuk mencapai mimpi dan ini dijadikan sebagai rezeki. Akan tetapi, rezeki tersebut tidak akan pernah datang sendiri sampai manusia itu berusaha untuk mendapatkannya.
            Rasanya, bagi setiap calon juara, konsep ini perlu untuk dipahami dan didalami serta dimanfaatkan dalam proses pencapaian mimpi yang sudah dibangun. Keberanian untuk bermimpi sebenarnya sudah lebih baik daripada orang yang tidak berani bermimpi, akan tetapi, alangkah lebih baiknya kalau mimpi tersebut direalisasikan sehingga dapat memberikan value bagi kehidupan setiap calon juara. Salah satu hal mendasar adalah go and get your dream.... sadar atau tidak sadar, power nya keluar dan menjadi "darah segar" untuk setiap calon juara untuk mendapatkan mimpinya. Sukses dan salam juara....
Meriza Hendri,
Mahasiswa program Doktor Manajemen Unpad, founder GIMB foundation dan founder STRABIZ Management Consulting
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: