Dalam komunikasi yang dijalankan oleh setiap entrepreneur, mereka harus memiliki kesamaan dalam bahasa yang digunakan oleh setiap entrepreneur karena itu akan menentukan kualitas komunikasi yang dijalankan dalam artian bahwa setiap pesan yang disampaikan oleh setiap entrepreneur akan sampai kepada audiens mereka. Jelas hal ini tidak boleh dianggap enteng oleh setiap entrepreneur dalam berbisnis dan berkomunikasi.

Bahasa adalah alat yang digunakan untuk berkomunikasi dan sebagai alat, tentu kalau orang mau kesawah, mereka harus memiliki alat yang tepat seperti cangkul, arit dan lain-lain agar bisa bekerja dengan baik. Kesamaan alat yang digunakan menjadi kunci sukses dalam berkomunikasi yang dijalankan entrepreneur. oleh karena itu, entrepreneur perlu memikirkan beberapa point yang berhubungan dengan bagaimana bahasa tersebut sudah sama apa belum.


Jelas sekali bagaimana entrepreneur dituntut untuk bisa memahami dengan baik bahasa yang digunakan oleh setiap entrepreneur. bahasa itu terdiri dari symbol,kata, angka, yang digunakan dalam berkomunikasi oleh setiap entrepreneur. tentu menjadi tanggungjawab agar pemahaman yang kuat oleh setiap entrepreneur tentang bahasa tersebut.

Dalam konteks entrepreneurship, entrepreneur harus menggunakan bahasa yang sama dalam bentuk entrepreneurship, bisnis dan lingkungan bisnis serta manajemen yang digunakan dalam menjalankan usaha tersebut. Kosa kata yang ada di entrepreneurship seperti peluang, kreativitas, inovasi, resiko, visi adalah beberapa bahasa dasar yang ada di entrepreneurship.

Kemudian, bisnis, profit, aktivitas keuangan, pemasaran,operasi dan sumber daya manusia, lingkungan bisnis eksternal, internal, konsumen, pesaing, supplier, distributor, pemerintah adalah beberapa bentuk bahasa dalam konteks bisnis dan lingkungan bisnis yang harus dipahami dengan baik oleh setiap entrepreneur.

Adapun bahasa yang berhubungan dengan manajemen yaitu manajemen, manajemen stratejik, manajemen keuangan, akuntansi, manajemen pemasaran, manajemen operasi, manajemen sumber daya manusia adalah bentuk bahasa yang digunakan dalam konteks manajemen.

Inilah yang harus dilihat dengan jernih oleh setiap entrepreneur dalam menggunakan komunikasi antar sesame pengusaha dan harus dipahami dengan baik agar komunikasi yang terjalin dapat memberikan value yang optimal dalam bentuk tingkat efektivitas komunikasi itu sendiri.
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: