Menjadi seorang entrepeneur, selalu akan menghadapi banyak permasalahan dalam bisnis. tentu hal ini adalah sebuah fakta yang tidak bisa dihindari bahwa banyak hal yang harus dipahami oleh setiap entrepreneur dalam menjalankan bisnis. ketika ini terjadi, setiap entrepeneur harus bisa menghadapinya dengan baik dan mencari sebuah solusi yang dapat memberikan positive impact bagi entrepreneur. akan tetapi, seringkali orang bermasalah dalam menghadapi hal ini.

Ada satu konsep dasar yang harus dipahami oleh entrepreneur muda muslim yaitu sejatinya untuk menjadi entrepreneur sukses di dunia dan akhirat, diharapkan bisa memiliki sebuah fondasi yang kuat tentang bisnis dan manajemen. Pemahaman dan kesadaran serta kemampuan untuk memanfaatkan itu menjadi penting dan bahkan menjadi key success factor dalam menjalankan bisnis yang akan bisa sukses di dunia dan akhirat.


Ada satu fondasi yang saya dapatkan beberap waktu ini  yaitu bagaimana menghadirkan Allah SWT selalu dihati para entrepreneur itu rasanya beda sekali dibandingka entrepreneur menghadirkan yang lain apalagi dalah menghadapi berbagai masalah bisnis yang memang harus diselesaikan. Kemaren saya bertemu dengan seorang teman yang sangat galau menghadapi masalah bisnisnya. Keputusan  yang dibuat menurut saya adalah sangat emosional.

Kenapa demikian? Dalam masalah yang dihadapinya, dia sangat mengandalkan emosi yang terlihat pada keputusan yang dibuat. Keputusan yang saya rasa sangat pendek dan merugikan diri nya sendiri. Tentu hal ini tidak boleh terjadi karena akan memberikan dampak yang luar biasa bagi diri dan bisnis itu sendiri. Apalagi untuk orang lain.

Saya berkaca terhadap kondisi itu. Kalau dia bisa menghadirkan Allah SWT dalam hatinya, maka dirinya akan tenang. Tidak akan membuat keputusan dalam keadaan emosi yang pastinya dikuasai oleh syaitan yang akan mendorong dirinya untuk berbuat yang bagi saya adalah tidak benar. Hal ini akan sangat berbahaya karena akan memberikan effect yang luar biasa dan pastinya negative.

Sadar tidak sadar, hal ini seringkali dilakukan entrepenuer. Inilah pentingnya menghadirkan Allah SWT di hati dengan banyak berzikir. Oleh karena itu, marilah perbanyak zikir. Insya Allah, Allah SWT akan selalu dihati kita. Bismillahirrahmanirrahim 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: