Hari ini adalah senin, 4 Januari 2016 dan merupakan hari pertama pada tahun baru masuk kerja bagi setiap orang yang memang sudah dijadwalkan untuk bekerja, termasuk juga beberapa diantaranya para siswa dan mahasiswa memulai aktivitas sekolah atau kuliah. Tentu sebagai seorang entrepreneur, hari ini juga merupakan awal bekerja dalam menjalankan bisnis yang sangat relevan dengan jadwal bekerja di bisnis.

Awal tahun ini menjadi pembuktian bagi setiap entrepeneur menjalankan rencana bisnis yang sudah dibuat pada akhir tahun lalu. Rencana bisnis yang berisisikan tentang target profit yang dihasilkan dari target revenue dibandingkan dengan target cost yang sudah diterjemahkan dalam bentuk Rencana Kerja Anggaran perusahaan atau RKAP untuk satu tahun 2016. Hari ini merupakan awal bagaimana entrepreneur memulai pencapaian RKAP.

Oleh karena itu, sebagai seorang entrepreneur, rasanya, hari ini adalah awal yang akan menentukan masa depan bisnis selama satu tahun dan sejatinya seorang entrepreneur benar-benar memaknai hari pertama masuk kerja di bisnis. Tidak mudah memang untuk melakukan perubahan atas konsep diri dalam menjalankan bisnis saat ini ditengah euphoria tahun baru yang pastinya baru selesai dinikmati oleh para entrepreneur dan karyawan.

Mindset seorang entrepreneur yaitu sikap mental mereka dalam berbisnis harus kembali dibangkitkan oleh setiap entrepreneur dalam diri mereka. Ingat, saat ini entrepreneur adalah Chief Executive Officer (CEO) bagi bisnis mereka masing-masing. tidak mungkin setiap entrepreneur akan sukses dalam menjalankan bisnis ketika mereka sendiri tidak siap menjalankan apa  yang seharusnya mereka jalankan dalam konteks bisnis, dan salah satunya adalah hari pertama masuk kerja.

Yang kedua adalah bagaimana entrepreneur fokus dalam mengembangkan mindset setiap karyawan tentang bagaimana pencapaian tujuan bisnis yang sudah disepakati pada akhir tahun. Mereka perlu mengetahui tentang target yang sudah ditetapkan manajemen di tahun ini. jangan sampai karyawan tidak mengetahui dan memahami apa yang menjadi target manajemen. Tidak bisa dipungkiri bahwa banyak karyawan yang tidak tahu target manejemen.

Sejatinya, entrepreneur perlu mengajak karyawan untuk ikut dalam rapat kerja yang melibatkan karyawan dan membagi target yang sudah dibuat manajemen. Bahkan mereka perlu diberikan strategi dan taktik yang harus diambil oleh setiap karyawan untuk mencapai target. Keterbatasan pengetahuan dan keterampilan karyawan harus benar-benar menjadi perhatian entrepreneur ketika akan mencapai target manajemen.

Inilah yang perlu dilakukan oleh entrepreneur terhadap diri dan juga karyawan perusahaan memasuki hari pertama kerja di tahun 2016. Ingat, keberhasilan entrepreneur dalam bisnis akan sangat ditentukan oleh bagaimana hari pertama tersebut. Bagaimana dengan anda? Hmmmm…
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: