Salah satu pertanyaan yang seringkali ditanyakan kepada kami ketika memberikan konsultasi kepada entrepeneur yang berbisnis fashion adalah apakah setiap entrepreneur yang berbisnis fashion harus bisa mendesain pakaian? Pertanyaan yang bagi kami adalah pertanyaan yang sifatnya mendasar dan harus dijawab dengan baik agar tidak menimbulkan berbagai kesalahan persepsi yang dapat menimbulkan masalah.

Bagi kami, sejatinya seorang entrepreneur harus bisa dan bahkan harus master dalam mendesain pakaian yang akan dibuat. Mastery ini menjadi sumber keunggulan bersaing setiap entrepreneur dalam berbisnis, apalagi dalam bisnis fashion yang menuntut entrepreneur untuk bisa memberikan desain yang bisa memenuhi need, want dan demand konsumen. Inilah syarat yang membuat mastery seorang entrepreneur terhadap desain menjadi mutlak.

Kalau secara sederhana, kemampuan dalam mendesain itu wajib hukumnya bagi entrepreneur karena mereka itu akan mencapai sustainable competitive advantage di tengah tingginya tingkat persaingan bisnis di industri fashion yang harus benar-benar dicapai oleh setiap entrepreneur. perlu diingat bagaimana seorang entrepreneur itu harus benar-benar unggul dalam bisnis ini agar tidak ditinggalkan oleh konsumen yang selalu digoda oleh pesaing sehingga mereka semakin pintar dan semakin tidak loyal.

Selain itu, entrepreneur dituntut untuk bisa mengantisipasi berbagai permintaan konsumen saat ini. bahkan sejatinya, entrepreneur harus benar-benar bisa melihat perkembangan industri fashion sehingga bisa diprediksi desain yang paling tepat bagi konsumen. Siapa yang lebih dulu, akan mendapatkan keunggulan yang jauh lebihi tinggi dan akan selalu terdepan dalam membangun bisnis. Ini harus menjadi perhatian setiap entrepreneur.

Yang tidak kalah pentingnya adalah bagaimana entrepreneur harus melihat karyawan sebagai asset yang kadang datang dan pergi. Hal ini akan sangat terasa ketika entrepreneur mendapatkan sebuah permintaan seorang karyawan meninggalkan pekerjaan. Tentu entrepreneur akan kehilangan mereka dalam bekerja dan bagaimana kalau pekerjaan desain itu diperlukan saat itu juga? Siapa yang akan mengerjakan. Tentu hal ini akan menjadi sebuah dilematis yang akan dihadapi oleh entrepreneur.

Oleh karena itu, sudah sejatinya seorang entrepreneur untuk fokus dalam membangun kompetensi diri dalam hal desain pakaian yang akan bisa dijalankan setiap saat. Bahkan ketika mimpipun dia akan selalu mendesain pakaian yang terbaik untuk bisnisnya sehingga ini benar-benar menunjukkan bagaimana mereka menjadi entrepreneur sukses itu dibekali dari apa yang ada dalam diri masing-masing. sudah waktunya entrepreneur di bidang fashion menyadari hal ini.

Oleh Meriza Hendri 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: