Mendengar kata-kata intrapreneurship, saya menjadi teringat dengan kalimat yang seringkali diungkapkan oleh para CEO perusahaan besar bahwa sejatinya karyawan saat ini bukan lagi sebagai karyawan murni dimana mereka hanya bekerja dan melakukan hal-hal yang bersifat rutinitas, akan tetapi lebih kepada bagiamana mereka harus menjadi orang-orang yang dapat mengembangkan kreativitas dan inovasi dalam bisnis

Saat ini, perusahaan menghadapi tantangan yang begitu berat sehingga setiap orang dalam perusahaan juga harus dituntut untuk bisa berkontribusi secara lebih optimal untuk bisa mencapai keunggulan bersaing yang berkelanjutan ditengah tingginya tingkat persaingan. Hal ini tidak bisa hanya dilakukan oleh top manajemen semata, akan tetapi harus melibatkan setiap orang dalam perusahaan untuk bisa mencapainya secara efektif dan efisien.


Konsep yang mendasar yang harus dilakukan oleh wirausaha adalah bagaimana dirinya juga sendiri dan karyawan memiliki konsep yang kuat tentang intrapreneurship. Konsep yang sederhana akan tetapi akan memberikan dampak yang luar biasa bagi pencapaian tujuan perusahaan secara efektif dan efisien tadi. Tidak dapat dipungkiri bahwa sejatinya setiap orang dalam perusahaan harus berperan sebagai seorang entrepreneur, akan tetapi, bukan pada perusahaan sendiri. Yang dijalankan itu adalah perusahaan orang lain.

Rasanya, hal ini relevan juga dengan wirausaha itu sendiri karena pada hakekatnya, wirausaha itu berperan ganda dalam artian mereka harus berperan sebagai seorang owner dan disisi lain, mereka berperan sebagai seorang karyawan untuk perusahaan masing-masing. hal ini harus benar-benar dilakukan oleh wirausaha secara baik. Ketika menjadi seorang karyawan bagi perusahaan sendiri, disinilah peran sebagai seorang intrapreneur berlaku.

Sejatinya, ketika wirausaha ingin menjalankan management system di perusahaan tersebut, dituntut untuk bisa memilikikaryawan yang punya intrapreneurship tinggi dengan indikator kreativitas tinggi, inovatif, tanggungjawab, semangat kerja yang tinggi. Indikator ini harus dimiliki oleh karyawan karena sejatinya intrapreneur itu adalah seorang karyawan yang memiliki mindset yang dapat melihat atau menciptakan sebuah peluang dan merubahnya menjadi sesuatu yang bernilai ekonomis agar bisa memberikan manfaat bagi diri mereka sendiri, orang lain yaitu perusahaan dan lingkungan dalam jangka panjang.


Mindset atau sikap mental ini harus dimiliki oleh setiap karyawan dalam menjalankan bisnis untuk mencapai tujuannya. Inilah yang harus ditanamkan oleh setiap wirausaha kepada setiap karyawan dalam setiap saat. Oleh karena itu, sudah waktunya wirausaha untuk mengembangkan intrapreneurship pada diri setiap karyawan yang dimulai dari diri mereka masing-masing. 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: