Sebagai seorang muslim, salah satu tanggungjawab yang harus dilakukan di dunia ini adalah bagaimana bisa menjaga hati dan diri dari dosa-dosa yang merupakan akibat dari tindakan yang dilakukan manusia itu bertentangan dengan apa  yang diperintahkan oleh Allah SWT. Dosa-dosa itu seperti karat yang bila tidak dibersihkan oleh entrepreneur akan menjadi penghalang bagi entrepreneur dalam mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Seringkali orang hanya berdoa kepada Allah SWT akan tetapi, mereka lupa bahwa mereka juga masih banyak melakukan dosa yang sangat dibenci oleh Allah SWT. Saya jadi teringat dengan sahabat Rasulullah yaitu Sa'labah yang benar-benar menjaga hati dan dirinya dari dosa yang dilarang oleh Allah SWT. Sabahat ini menjadi pelajaran yang sangat luar biasa ketika seorang umat muslim melakukan dosa yang sangat dibenci Allah.

Pada satu ketika, Sa'labah dengan tidak sengaja melewati sebuah rumah dan kain gorden pintu jendela rumah tesebut tersinkap oleh angin sehingga terlihat seorang wanita di rumah tersebut yang sedang mandi. Hal ini tidak sengaja terlihat oleh Sa'labah yang sangat kaget dan menangis akibat apa yang terjadi. Sa'labah menjadi takut dengan apa yang dilihat dan pastinya Rasulullah akan menanyakan kepada dirinya. Ketakutan Sa'labah ini membuat dia menghindar untuk bertemu Rasulullah.

Bahkan Sa'labah menjadi sakit akibat apa yang sudah terjadi pada dirinya. Sakit ini membuat Sa'labah tidak bisa mengikuti aktivitas bersama Rasulullah dan ini membuat Rasulullah mengunjungi Sa'labah. Rasulullah bertanya kepada Sa'labah apa yang terjadi dan mulailah Sa'labah menceritakan apa yang sudah dialaminya. Sa'labah takut kalau Allah SWT tidak mengampuninya atas kesalahan yang sudah dilakukan.

Rasulullah menyatakan insya Allah akan diampuni dan tidak lama setelah itu, Sa'labah meninggal dunia. Rasulullah mengantarkan jasad Sa'labah dengan berjinjit dan sahabat lainnya bertanya kepada Rasulullah kenapa jalannya berjinjit. Rasulullah menyatakan bahwa sa'labah didoakan oleh ribuan malaikat. Luar biasa, inilah contoh sahabat Rasulullah yang benar-benar menjaga hati dan dirinya dari kesalahan yang terjadi secara tidak sengaja.

Pelajaran utama bagi setiap entrepreneur adalah menjaga hati dan diri dari dosa yang sangat dilarang oleh Allah SWT agar hati benar-benar bersih.  
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: