Dalam perusahaan trading atau trading company, seorang entrepreneur tidak membuat produk yang akan disampaikan kepada konsumen. Akan tetapi, lebih fokus kepada pengelolaan produk yang dibeli dari supplier, dikemas dan disampaikan kepada konsumen. Proses bisnis ini menjadi kunci sukses setiap perusahaan yang fokus dalam memilih bisnis trading atau perusahaan perdagangan. Banyak hal yang menjadi tantangan setiap entrepeneur kalau mau sukses dalam bisnis ini.

Kalau dilihat business process yang terjadi di trading company tersebut, dapat disederhanakan dengan tahapan yang saling berhubungan yaitu Supplier, Input, Process, Output dan Customer atau yang seringkali di singkat dengan konsep SIPOC. Proses bisnis ini harus dilihat sebagai sebuah proses yang saling berhubungan. Tidak bisa dipungkiri setiap entrepreneur dituntut untuk bisa melihat ini dan memahaminya dengan baik.

Supplier itu harus dicari yang dapat memberikan produk yang berkualitas sesuai dengan need, want dan demand pasar. kualitas itu dilihat dari bagaimana kebutuhan, keinginan dan permintaan konsumen. Inilah kunci yang harus didapatkan oleh entrepreneur dari setiap supplier. Selain itu, entrepreneur juga harus dapat harga yang kompetitif dan juga pembayaran yang bisa ditunda untuk beberapa waktu.

Input berhubungan dengan bagaimana membawa produk dari supplier ke perusahaan. ada dua konsep utama disini yaitu transportasi dan pergudangan. Entrepeneur perlu memiliki tool untuk transportasi yang efektif dan efisien serta gudang yang dapat menampung produk yang sudah dibeli dan disimpan di gudang sesuai dengan tata letak yang tepat, suhu gudang yang tepat serta bagaimana barang dikeluarkan dengan baik.

Proses ini berhubungan dengan bagaimana entrepreneur mengemas barang dengan baik sesuai dengan standar pengemasan yang dipersyaratkan oleh konsumen. Bisa jadi mereka itu adalah business market dan consumer market yang jelas sekali memiliki requirement yang berbeda satu sama lain. Peran ini harus dijalankan dengan baik oleh setiap entrepeneur.

Adapun output adalah bagaimana entrepreneur menghantarkan produk kepada konsumen. Pasti ini menggunakan jasa transportasi yang harus memberikan jaminan untuk membuat produk yang unggul dari aspek delivery time. Entrepreneur harus membangun hubungan baik dengan pihak jasa pengiriman bila pengiriman dengan menggunakan pihak ketiga.

Yang terakhir adalah konsumen dimana entrepreneur harus benar-benar bisa membangun hubungan baik dengan konsumen sehingga menjadi konsumen yang loyal kepada perusahaa. Inilah salah satu kunci sukses entrepreneur dalam berbisnis trading.


Share To:

meriza hendri

Post A Comment: