Business Today
Dampak kondisi ekonomi yang terjadi sekarang, dalam kerangka ekonomi global yang tidak bisa dilepaskan dari bisnis para entrepreneur, sudah mulai terasa, dampak yang pastinya tidak hanya pada business process yang dapat dilihat pada kinerja bisnis saja, akan tetapi, juga akan dirasakan oleh karyawan perusahaan yang sejatinya mereka bekerja untuk mendapatkan revenue berupa gaji yang bisa dibawa pulang.

Tentu hal ini perlu dilihat secara cermat agar tidak memberikan dampak yang negative bagi karyawan dalam bekerja pada jangka pendek dan juga perusahaan dalam jangka panjang. Bentuknya adalah bagaimana perusahaan sudah mulai memikirkan untuk melakukan lay off atau pengurangan karyawan di perusahaan mereka masing-masing. kalau dalam konteks bisnis, tentu hal ini bisa dipahami karena itu adalah pilihan yang harus diambil oleh pengusaha.


Sebagai seorang entrepreneur, tentu hal ini adalah sebuah fakta yang perlu dicermati dengan baik dan bahkan diambil pelajaran untuk bisa digunakan dalam bisnis. dampak dari kondisi ekonomi yang menuntut entrepreneur untuk memilih agar perusahaan bisa tetap berjalan adalah bagaimana melakukan lay off, tentu hal ini adalah pilihan yang paling akhir diantara pilihan yang ada. Kondisi ekonomi adalah kondisi yang tidak bisa dielakkan.

Kalaupun perlu dilakukan lay off terhadap karyawan, tentu yang perlu dipersiapkan adalah bagaimaan memberikan pesangon kepada karyawan. Entrepreneur berkewajiban untuk memberikan uang ganti kepada karyawan tersebut karena memang sudah diatur dalam undang-undang. Akan tetapi, perlu diingat bahwa sejatinya, hal itu saja tidaklah cukup.

Entrepreneur perlu memberikan persiapan kepada karyawan untuk mengambil tindakan tersebut dengan memberikan persiapan untuk menjadi entrepeneur. Sebuah pilihan yang harus diambil oleh karyawan selain mereka melakukan investasi dan juga bekerjakembali di perusahaan orang lain. Hal ini jelas akan menjadi sebuah perhatian entrepeneur dalam berbisnis.

Disinilah tuntutan untuk mendesain pelatihan dengan baik dan bisa memberikan dampak positif kepada peningkatkan mindset, kemampuan bisnis dan manajerial serta bagiamana memanfaatkan setiap peluang yang ada di lingkungan bisnis dan juga meminimalisir setiap ancaman dari lingkungan tersebut. Inilah yang perlu dilakukan oleh entrepreneur dalam menjalankan kewajiban mereka terhadap karyawan yang mengalami lay off tersebut.

Pada akhirnya, tentu diharapkan tidak hanya menjadi sebuah kewajiban, akan tetapi menjadi sebuah kesadaran dalam mempersiapkan karyawan yang juga menghadapi masalah dengan lay off tersebut. Bagaimana dengan anda? hmmm
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: