Ada satu hal yang sangat penting yang saya dapatkan dari materi yang disampaikan di acara I Love business goes to Purwakarta pada beberapa waktu lalu. Kebetulan yang menjadi salah satu narasumbernya adalah Bapak Zaenal Arifin, sekretaris Dinas Koperasi dan UMKM, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Purwakarta. Menarik sekali apa yang beliau sampaikan dan bahkan hal ini perlu menjadi perhatian setiap kalangan yang berhubungan dengan koperasi.

Beliau menyatakan bahwa saat ini, pemerintah sangat concern dengan pengembangan koperasi sebagai salah satu pilar perekonomian bangsa, apalagi bagi pengembangan entrepreneur yang ada di negara ini. Koperasi bisa menjadi salah satu sumber penggerak entrepreneur dalam bisnis mereka. oleh karena itu, pemerintah sudah menyediakan support bagi pengembangan koperasi di negara ini. Saatnya pelaku bisnis dan penggiat koperasi bisa memanfaatkan dukungan ini.



Inilah yang menjadi poin yang didapatkan dari diskusi tadi malam. Kalau melihat kondisi entrepreneur diberbagai daerah saat ini, jelas, mereka membutuhkan support dalam bisnis, khususnya permasalahan keuangan dan juga pemasaran. Koperasi bisa memnfasilitasi permasalahan ini dengan tujuan dapat membantu anggotanya, yang notabene adalah entrepreneur. Jelas akan bermanfaat untuk jangka pendek dan jangka panjang.

Oleh karena itu, entrepreneur perlu memperhatikan potensi yang ada dalam setiap koperasi agar bisa dimanfaat untuk mengembangkan bisnis mereka. Apalagi kalau entrepreneur berasal dari kampus dan mau mendalami koperasi. Pembuatan koperasi menjadi penting agar bisa memberikan manfaat buat entrepreneur dan masyarakat banyak.

Tentu kalau yang turun tangan mengembangkan koperasi ini adalah mahasiswa, warnya juga akan berbeda karena mereka sudah dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan tentang bisnis yang relevan dengan koperasi itu sendiri.

Berbeda lagi dengan entrepreneur muda yang diharapkan mampu membangun koperasi dalam bisnis. koperasi tersebut akan memberikan value bagi bisnis setiap entrepreneur dimana bisnis tersebut diharapkan bisa memiliki korelasi positif dengan bisnis yang dijalankan. Sejatinya, koperasi yang dibangun memiliki hubungan yang sangat kuat bisnis yang dijalankan.


Banyak hal yang bisa dimanfaatkan oleh entrepreneur dalam berbisnis dengan adanya koperasi, bisa melakukan trading, bisa melakukan pinjaman pada koperasi dan bahkan menjadi bagian dari supply chain management dalam business process yang ada setiap bisnis masing-masing entrepreneur untuk mencapai sustainable competitive advantage sehingga tujuan perusahaan yaitu profit, people, planet serta sustainable dan tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar. Mari kita manfaatkan koperasi sebagai bagian dari ekonomi bangsa ini.

Tulisan ada di www.i-cri.com

Share To:

meriza hendri

Post A Comment: