Dalam membangun koperasi, ada pihak yang sangat berpengaruh dan menentukan perkembangan koperasi untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan. Mereka adalah pengurus koperasi yang bertanggungjawab atas kemajuan koperasi yang berhubungan dengan anggota koperasi yang sangat berharap dengan koperasi untuk bisa tumbuh dan berkembang sehingga dapat memberikan manfaat bagi seluruh anggota dan juga stakeholders.

Oleh karena itu, pengurus adalah pihak yang sejatinya menjadi kunci sukses sebuah koperasi dalam menjalankan aktivitas sehari-hari untuk mencapai tujuan yaitu manfaat bagi seluruh anggota dan stakeholders. Sekarang, bagaimana pengurus itu dipersiapkan tentang pengelolaan koperasi yang benar dan bertanggungjawab ditengah keraguan banyak orang tentang koperasi yang dapat memberikan value bagi banyak orang.


Hal pertama yang harus dimiliki oleh para entrepreneur adalah mindset atau sikap mental  yang benar untuk menjadi pengurus koperasi. Ingat, hal ini akan sangat berbeda dengan mindset entrepreneurship yang dimiliki oleh para pengusaha dalam berbisnis. Jelas sekali prinsipnya sangat berbeda sehingga entrepreneur yang memiliki keinginan untuk menjadi pengurus koperasi, perlu merubah mindset terlebih dahulu.

Mindset seorang pengurus itu berhubungan dengan konsep dasar koperasi dan apa yang menjadi karakteristifk koperasi. Tentu setiap entrepreneur harus melakukan pembelajaran yang mendalam tentang koperasi itu sendiri. Dalami konsep dasar koperasi akan dapat memberikan pemahaman yang kuat dan lebih jelas tentang mindset yang benar tentang koperasi. Rasanya, entrepreneur yang perlu diberikan pelatihan tentang koperasi itu sendiri.

Selanjutnya, entrepreneur yang akan jadi pengurus perlu dibawa untuk mengunjungi koperasi yang sudah berjalan dengan baik dalam menjalankan peran dan fungsi mereka. Benchmarking ke koperasi yang sudah sukses akan memberikan pengalaman yang sangat luar biasa dimana para entrepreneur itu bisa melihat, mendengar, merasakan koperasi yang sudah sukses tersebut. Ini penting bagi setiap entrepreneur untuk mencapai tujuan sebagai pengurus yang baik di koperasi.

Selanjutnya adalah entrepreneur itu diharapkan bisa mendapatkan seorang coach dan mentor yang tepat dalam mendampingi mereka dalam mendesain koperasi yang akan dijalankan dan dikembangkan. Peran seorang coach dan mentor akan dapat meningkatkan kualitas mindset seorang pengurus untuk membuat berbagai keputusan yang relevan dengan mereka dalam menjalankan koperasi.
I
nilah yang paling penting bagi setiap pengurus koperasi dalam meningkatkan mindset mereka sebagai seorang yang bertanggungjawab dalam menjalankan koperasi. Benarkan dulu mindset tersebut dan pastinya akan dapat berkontribusi pada kualitas koperasi.
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: