Sudah memasuki tahun 2016, tentu sebagai seorang entrepreneur tidak boleh lupa dengan bagaimana program MEA atau masyarakat Ekonomi ASEAN sudah diberlakukan oleh pemerintah dan Sembilan negara ASEAN lainnya sehingga sejak tanggal 31 Desember 2015. Hal ini perlu menjadi perhatian utama setiap entrepreneur ketika bisnis yang berjalan itu dihadapkan kepada persaingan bisnis yang begitu cepat dan pastinya menuntut bagaimana entrepreneur bisa mendapatkan benefit dalam pemberlakukan MEA tersebut.

Pemberlakuan MEA adalah sesuatu yang sangat penting karena inilah kondisi yang dihadapi oleh setiap entrepreneur dimana lingkungan bisnis yang berlaku tidak hanya dalam konteks Indonesia saja, akan tetapi juga sudah berlaku global dan yang paling dekat adalah ASEAN. Lingkungan global itu tidak akan bisa dilepaskan dari bisnis para entrepeneur.

Sebagai seorang entrepreneur, konteks MEA ini adalah dimana 600 juta jiwa yang ada di 10 negara ASEAN akan melakukan pasar bebas dengan konteks free flow of goods, free flow of service, free flow of capital, free flow of investment dan free flow of people yang ada di sepuluh negara-negara ASEAN. Jelas hal ini menjadi perhatian setiap entrepreneur dalam membangun bisnis dan mendapatkan kepentingan atas pemberlakuan MEA ini.

Satu hal yang paling penting bagi setiap entrepreneur adalah mempersiapkan diri dalam waktu pemberlakuan MEA ini. kesiapan diri adalah yang paling penting untuk menjadi perhatian ditengah persaingan yang sangat tinggi ditengah MEA tersebut. Kesiapan diri ini berhubungan dengan mindset, pengetahuan, keterampilan serta sikap mereka dalam menjalankan bisnis. Kesiapan diri harus benar-benar dari awal sejak MEA diberlakukan di kawasan ini.

Caranya adalah dengan terus memahami dengan baik bisnis dan juga lingkungan bisnis berupa MEA ini sehingga mindset seorang entrepreneur untuk bisnis yang mencapai sustainable competitive advantage menjadi dasar dalam berbisnis. Kekuatan mindset akan menjadi key success factor entrepreneur dalam berbisnis

Kedua adalah bagaimana entrepreneur fokus dalam meningkatkan kapabilitas bisnis yang menjadi jantung bisnisnya yaitu keuangan, pemasaran, operasi dan sumber daya manusia yang menjadi dasar bagi entrepreneur tentang bisnis mereka masing-masing. keempat fungsi ini menjadi dasar bagi entrepreneur dalam berbisnis karena kemampuan dalam pengelolaan bisnis diindikasikan dengan keuangan, pemasaran, operasi dan sumber daya manusia.

Yang ketiga, fokus dalam melihat setiap peluang yang berhubungan dengan bisnis setiap entrepeneur. Relevansi setiap peluang tentang bisnis akan menjadikan bisnis entrepreneur semakin besar dan kuat. Inilah yang harus dilakukan dalam konteks MEA tahun ini…bagaimana dengan anda? Hmmm….

Share To:

meriza hendri

Post A Comment: