Hmmmmm….. semakin kesini, semakin terasa bagaimana hakekat hidup didunia ini adalah sejatinya sebuah bagian dari proses kehidupan manusia yang mulai dari kehidupan di alam rahim, alam kubur, alam barzah dan alam akhirat. Bahkan kehidupan di dunia ini hanya 1,5 jam dibandingkan kehidupan abadi di akhirat. Dan yang tidak kalah pentingynya adalah bagaimana setiap apa yang dilterima dan yang dilakukan oleh manusia harus dipertanggungjawabkan di akhirat nanti.

Sebagai entrepreneur muslim, tentu konsep ini perlu dipahami dengan baik agar bisa menjadi sebuah pemahaman yang mendalam karena bisnis yang dijalankan oleh entrepreneur itu sejatinya menjadi bagian dari aktivitas dia hidup di dunia yang dalam bacaan sholat yaitu sholatku, ibadahku dan hidupku hanya untuk Allah SWT. Penting bagi entrepreneur untuk kembali memahami hal ini dengan baik ditengah bagaimana entrepreneur menjalani kehidupan.


Oleh karena itu, entrepeneur muslim harus cerdas menyikapi hal ini dengan baik. Kenapa demikian? Ketika memilih untuk menjadi seorang entrepreneur, bagi saya adalah pilihan professional seorang umat muslim dimana dia benar-benar menyadari bahwa menjadi entrepreneur itu adalah sebuah pilihan yang sudah dipahami dengan baik konsekuensi yang melekat didalamnya. Selanjutnya entrepreneur benar-benar bekerja secara professional.

Tambahannya adalah bagaimana entrepreneur harus memahami bagaimana sejatinya entrepreneur muslim menjadikan bisnis ini adalah bagian dari ibadah dalam hidup ini. hal ini bersifat prinsip dalam kehidupan seorang entrepreneur muslim. Jadikan setiap aktivitas dan keputusan bisnis yang dibuat itu adalah diniatkan untuk Allah SWT dan mencari keridhaan Allah SWT. Hal ini penting agar benar-benar menajdi perhatian dan fondasi bagi entrepreneur.

Tidak akan ada keputusan dan tindakan yang melukai orang lain seperti karyawan ataupun konsumen. Keputusan yang merugikan orang lain. Selain itu, tidak akan ada entrepreneur yang berbuat hal-hal yang bertentangan dengan Alqur'an dan hadis. Inilah yang penting sekali bagi entrepeneur muslim.

Rasanya, hal ini perlu dilakukan oleh entrepreneur muslim dalam berbisnis yaitu mencari keridhaan Allah SWT. Insya Allah, banyak hal yang didapatkan oleh entrepreneur dalam konteks ini dimana Allah SWT akan membantu entrepreneur muslim dalam menjalankan bisnis dimana keberkahan akan selalu ada dalam bisnis tersebut. Akan banyak orang mendapatkan manfaat dari bisnis. Inilah yang harus menjadi perhatian dan basis setiap entrepreneur. insya Allah keberkahan akan selalu ada pada diri entrepreneur muslim. Amin yra. 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: