Business Today
Beberapa hari yang lalu, Presiden Jokowi meresmikan dimulainya pembangunan kereta cepat Jakarta Bandung yang akan memberikan fasilitas transportasi  yang cepat di provinsi ini. direncanakan, pembangunan kereta api cepat tersebut akan selesai pada tahun 2019 dan akan memberikan dampak kepada banyak orang yang akan melakukan perjalanan dari Bandung ke Jakarta dalam dimensi waktu kurang lebih 35 – 37 menit.

Terlepas dari pro dan kontra pembangunan kereta api ini, tentu pembangunan ini akan memberikan perubahan yang sangat signifikan bagi masyarakat Jawa barat dan Jakarta ketika mendapatkan fasilitas transportasi ini. semuanya akan memberikan tingkat efisiensi dalam hal transportasi yang begitu cepat. Kurang dari satu jam, sudah bisa menempuh perjalanan dari Jakarta – bandung.



Sebagai seorang entrepeneur, tentu menjadi sebuah hal yang dapat memberikan sebuah peluang dan ancaman dalam menjalankan bisnis. bagi sebagian entrepeneur yang berbisnis travel Jakarta Bandung, hal ini akan menjadi sebuah ancaman karena akan datangnya pesaing potensial atau potential competitor yang akan memberikan dampak kepada mereka. Pesaing yang akan memberikan nilai yang lebih baik atau superior kepada konsumen dalam dimensi waktu.
Oleh karena itu, sudah harus menjadi perhatian entrepreneur di Jakarta dan Jawa Barat untuk mencari kreativitas dan inovasi dalam konteks dimensi waktu yang lebih cepat dan juga efisiensi yang harus semakin ditingkatkan agar biaya bisa tetap kompetitif. Setiap entrepeneur "kudu" yakin bahwa tetap ada peluang pasar di sana karena orang akan tetap membutuhkan jenis transportasi ini ketika entrepreneur semakin jeli melihat pasar.
Lihat saja persaingan antara bis dengan kereta api yang tetap memiliki pasarnya masing-masing. di lain pihak, ada juga peluang yang semakin terbuka di industri ini dimana entrepreneur semakin besar dimana ada beberapa kota yang akan dilalui dan berhenti oleh kereta ini. pertumbuhan objek wisata dan bisnis pendukungnya akan semakin cepat. Iihat saja nanti Kota Bandung yang akan semakin modern dan membutuhkan banyak hotel, restoran dan lain-lain.
Dalam konteks bisnis, inilah perubahan yang bersifat turbulensi dalam setiap bisnis. perubahan yang bersifat tiba-tiba sehingga sejatinya menjadi hal yang sangat mendasar bagi wirausaha untuk mulai benar-benar menganalisis setiap perubahan lingkungan bisnis yang begitu cepat dan tidak pasti. Mulai fokus melihat lingkungan dan menganalisisnya untuk diambil sebuah strategi untuk tetap membuat bisnis mencapai sustainable competitive advantage. Bagaimana dengan anda? Hmmm…
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: