Dalam berbagai berita yang terus dibahas di media elektronik maupun di media cetak, bahasan yang sangat menarik bagi penumpang pesawat adalah ketika bicara tentang bagaimana pencurian barang bagasi di bandara yang notabene adalah tempat yang sangat steril bagi penumpang dan juga bagi barang bawaan penumpang. Jelas sekali bagaimana proses  yang harus dilewati ketika memasuki bandara, mulai dari pemeriksaan tiket, scanning barang bawaam, check in, boarding sampai dengan memasukkan barang ke pesawat serta penumpangnya memasuki pesawat.

Akan tetapi, proses tersebut dicederai oleh kelakuan pegawai airline yang kedapatan melakukan pencurian barang bawaan penumpang ketika barang bawaan penumpang berpindah dari bandara ke pesawat. Bahkan juga ada proses yang terjadi dari pesawat menuju bandara tujuan dimana penumpang mau mengambil barang bawaan tersebut. Pencurian tersebut mulai terungkap ketika beberapa petugas airline yang tertangkap kamera CCTV sedang membongkar tas penumpang dan mencuri isinya.



Tentu hal ini membuat kaget seluruh stakeholders pesawat, termasuk para penumpang yang begitu kagetnya melihat bagaimana tas mereka dicuri oleh bagian perusahaan yang sejatinya menjaga keamanan dan kenyamanan penumpang. Sebagai seorang entrepreneur, tentu pelajaran yang luar biasa dapat diambil dari kejadian ini. bagaimana seharusnya entrepreneur fokus menjamin proses bisnis di perusahaan mereka.

Inilah pelajaran pertama. Proses bisnis mulai dari supplier, input, process, output dan customer harus benar-benar tidak boleh mengalami defect. Sekecil apapun defect yang ditimbulkan oleh siapapun dan oleh apapun dalam proses bisnis harus diantisipasi agar tidak memberikan dampak kepada perusahaan secara keseluruhan.

Pelajaran kedua adalah dominannya peran manusia dalam setiap proses bisnis. Hal ini perlu disadari oleh setiap entrepreneur bahwa secanggih apapun teknologi yang digunakan oleh sebuah bisnis, pasti akan dipengaruhi oleh manusia sebagai pihak yang mengendalikan proses bisnis. Manusia itu berhubungan dengan pengelola proses bisnis dan untuk itu, kompetensi yang sangat penting dimiliki oleh karyawan yaitu pengetahuan dan keterampilan yang sesuai dengan pekerjaan serta sikap yang baik untuk bekerja.

Kenapa demikian? Kompetensi itu menentukan bagaimana karyawan bekerja. Disinilah peran strategik entrepreneur yang fokus dalam meningkatkan kompetensi karyawan mereka. Yang ketiga adalah bagaimana leadership seorang entrepreneur dan salah satunya adalah bagaimana membuat evaluasi dan control atas apa y ang dilakukan oleh karyawan. mereka perlu dikontrol agar tetap konsisten dengan pekerjaan dan aturan yang ada diperusahaan.

Oleh karena itu, entrepeneur perlu fokus dalam mengelola manusia dalam perusahaan sehingga apa yang terjadi di salah satu maskapai penerbangan tersebut tidak terjadi dalam proses bisnis setiap entrepeneur. Bagaimana dengan anda? Hmmmm…

Share To:

meriza hendri

Post A Comment: