PT Len Industri (Persero) sebagai salah satu BUMN yang berkantor pusat di Kota Bandung, menyelenggarakan pelatihan memulai dan menjalankan bisnis bagi masyarakat dalam program Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL). Acara ini mengambil tema sukses memulai usaha bersama PT len Industri (Persero).

Pelatihan ini diselenggarakan pada hari Rabu, 27 Januari 2015 di Ruang Diklat PT Len Industri (Persero), Jalan Soekarno Hatta, no 442 Bandung mulai jam 08.00 – 17.00 WIB dan diikuti oleh 32 calon pengusaha muda yang berasal dari Kota Bandung, Kabupaten Bandung dan Sumedang.

"kegiatan ini diarahkan untuk mendorong anak muda untuk menjadi wirausaha" demikian Syaifuddin, Sekretaris Perusahaan PT Len memberikan arahan pada acara pembukaan pelatihan ini. "Dorongan ini diperlukan untuk bisa menjadikan anak muda menjalankan bisnis dengan pengetahuan dan keterampilan serta sikap yang benar untuk memulai usaha" tambahnya.


PT Len juga berkomitmen untuk terus membangun komunikasi dengan peserta pelatihan dalam bentuk pendampingan. Nantinya, peserta yang memiliki bisnis dan memenuhi persyaratan untuk mendapatkan program kemitraan, PT Len akan memberikan kesempatan kepada peserta pelatihan. "Kami akan membantu peserta pelatihan yang memenuhi syarat untuk mendapatkan dana kemitraan dalam program PKBL PT Len" kata Syaifuddin sembari menjelaskan program PKBL PT Len.

Program pelatihan ini merupakan bagian dari program Bina Lingkungan dan untuk memberikan manfaat bagi para peserta, pelatihan ini dirancang sehari penuh dan bersifat aplikatif. Para peserta digali potensi diri dan passion mereka tentang bisnis. Mereka dipandu oleh Meriza Hendri sebagai instruktur yang memberikan materi tentang mindset seorang entrepeneur dan dilanjutkan dengan pilihan bisnis yang bisa dijalankan oleh peserta.
"Peserta harus memiliki mindset kewirausahaan sebelum melihat potensi diri dan juga memilih bisnis" kata Meriza. Dengan metode ceramah, diskusi dan simulasi, Meriza menggali potensi diri dan memperkuat mindset para peserta.

Para peserta juga diberikan alternative bisnis yang sesuai dengan potensi diri masing-masing. Mulai dari bisnis yang tidak membutuhkan modal uang sama sekali sampai dengan bisnis yang bermodal kecil. Peserta dilibatkan secara langsung untuk memilih bisnis yang akan mereka jalankan dengan menuliskan potensi diri dan hubungannya dengan peluang bisnis yang ada.

Yang tidak kalah pentingnya adalah, setelah makan siang, para peserta diarahkan materi untuk memulai usaha dan menjalankan usaha mulai dari membangun visi yang jelas terhadap usaha, sampai dengan persiapan keuangan, pemasaran, proses bisnis dan sumber daya manusia. Materi ini sangat menarik karena peserta langsung menuangkan dalam bentuk desain bisnis masing-masing. terakhir, Meriza menjelaskan tips dalam memulai usaha.

Sebelum acara ditutup, Sugeng, dari PKBL PT Len menjelaskan tentang persyaratan bagi peserta pelatihan yang nantinya sudah berbisnis untuk mendapatkan dana PKBL dari PT Len.
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: