Beberapa hari ini, semakin jelas bagaimana terlihat banyak hal yang dilakukan oleh pemerintah untuk mendukung pelaku usaha dalam skala UMKM dalam mengembangkan bisnis. Jelas sekali program MEA sudah menjadi perhatian pemerintah agar negara ini tidak "tenggelam" dalam menerima produk-produk yang dibuat oleh Sembilan negara ASEAN dan "menyerbu" pasar Indonesia karena memiliki jumlah pasar terbesar di ASEAN.

Lihat saja iklan-iklan yang ditayangkan oleh pemerintah melalui televisi dan media lainnya yang menggambarkan bagaimana MEA itu sendiri dan apa  yang sudah dan sedang dipersiapkan oleh pemerintah bagi rakyat Indonesia, khususnya para entrepeneur yang sedang membangun dan mengembangkan bisnis mereka. Tentu hal ini perlu dicermati dengan baik agar entrepeneur memiliki konsep yang jelas dalam berbisnis dan diinergikan dengan program yang dimiliki oleh entrepreneur.

Memang secara kasat mata terlihat bahwa program pemerintah belum tersosialisasikan dengan baik kepada rakyat Indonesia. Program-program yang dimiliki pemerintah sejatinya sudah ada akan tetapi belum diketahui dan dipahami dengan baik oleh para entrepeneur. Tentu ini sangat disayangkan karena seharusnya, ini sudah harus dipahami dengan baik agar bisa dimanfaatkan oleh entrepeneur dalam membangun dan mengembangkan bisnis. Bahkan menumbuhkan bisnis tersebut.

Selain itu, program dalam MEA ini masih bersifat terpisah-pisah karena setiap bagian dari pemerintah memiliki program masing-masing dan seolah-olah tidak ada kesatuan dalam menjalankan program MEA tersebut. Tentu hal ini menjadi hal yang sangat merugikan karena seharusnya, program tersebut dilakukan secara terintegrasi untuk membangun bisnis yang kuat bagi para entrepeneur. Lihat saja kementrian yang masing-masing punya program untuk MEA.

Padahal, pemerintah meruapakan bagian dari pemimpin bangsa yang bertugas untuk membuat regulasi atau peraturan  yang ada di negara ini. regulasi itu berhubungan dengan peraturan-peraturan yang bisa membantu pengembangan bisnis para entrepreneur. selain itu, peraturan juga berhubungan dengan untuk perlindungan entrepreneur dari ancaman yang datang dari luar agar bisnis para entrepreneur tetap dapat berjalan dengan baik.

Hal ini perlu dipahami oleh setiap entrepreneur agar bisa  bisa mendapatkan pengetahuan yang sangat penting agar bisa memberikan keselarasan atau irisan antara program yang ada di pemerintah dengan bisnis yang dijalankan oleh setiap entrepreneur. ingat, program pemerintah itu sejatinya menjadi peluang bagi entrepreneur dalam berbisnis. Peluang yang akan membangun bisnis itu semakin besar dan besar. Inilah sejatinya yang harus dilakukan oleh setiap entrepreneur dalam hubugannya dengan pemerintah. So, manfaatkan program pemerintah dan sebelumnya, kenali lebih dalam apa yang dimiliki oleh pemerintah. Bagaimana dengan anda? Hmmmmm……
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: