Beberapa hari ini, kembali lagi terdengar bahasan tentang bagaimana pemerintah akan melakukan reshuffle kabinet yang dipimpin oleh Presiden Jokowi. Bahasan tentang reshuffle kabinet yang terlihat sangat kencang dibahas oleh berbagai pihak yang keliatannya berkeinginan untuk mengambil peran dalam pemerintahan dan mengatur negara ini. berbagai pihak, termasuk partai pendukung pemerintah dan bahkan yang dulunya bukan pendukung pemerintah ikut-ikutan membahas reshuffle kabinet.

Tentu hal ini sah-sah saja dalam kerangka politik bernegara karena memang negara ini tidak bisa dilepaskan dari politik yang melibatkan kepentingan dari berbagai pihak termasuk partai politik. Resufle kabinet adalah hak proregatif presiden untuk mengganti menterinya yang dianggap kurang optimal dalam menjalankan roda pemerintahan di kementrian masing-masing yang notabene adalah pembantu presiden dalam mencapai tujuannya.

Tentu sebagai seorang entrepreneur yang lagi fokus menjalankan bisnis dan berupaya untuk mencapai sustainable competitive advantage di tengah persaingan di Pasar MEA saat ini, tidak akan bisa dilepaskan dari kondisi politik negara ini. kondisi yang bisa memberikan pengaruh berupa peluang ataupun ancaman kepada para entrepreneur. tentu hal ini perlu dilihat secara jernih oleh setiap entrepreneur dalam kerangka tetap mencapai tujuan bisnisnya.

Lingkungan eksternal bisnis khususnya lingkungan politik pasti akan selalu ada di setiap bisnis entrepreneur. lingkungan politik ini akan selalu berubah, tidak pasti, tidak bisa dikontrol dan mengalami turbulensi. Lihat saja, bagaimana perubahan yang terjadi tiba-tiba dan seolah-olah tidak terperkirakan oleh entrepreneur sehingga kalau terlambat mengantisipasinya, pasti akan berdampak kepada bisnis dan bahkan menjadi sebuah ancaman yang tidak bisa ditawar lagi.

Inilah yang selalu diharapkan bagaimana entrepreneur itu menjadi ahli strategi bisnis ketika menghadapi perubahan lingkungan bisnis, khususnya politik. Menjadi ahli strategi dalam artian bagaimana entrepreneur harus selalu mencermati setiap perubahan lingkungan, baik lingkungan internal dan lingkungan eksternal dimana akan berdampak kepada bisnis masing-masing. analisis ini harus bisa menentukan posisi bisnis entrepeneur dipasar.

Barulah setelah itu dihitung dampak kepada bisnsi itu sendiri. Baik berupa ancaman ataupun peluang. Ingat, baik itu berdampak peluang atau ancaman. Kejelian melihat kondisi pasar akan membantu entrepreneur melihat secara jernih atas apa yang terjadi di politik tersebut. Hal ini akan menentukan strategi apa yang tepat bagi bisnisnya. Jalankan strategi dan lakukan evaluasi atas perubahan lingkungan politik yang pastinya tidak akan pernah berhenti karena inilah sejatinya yang terjadi dalam sebuah negara dan tidak akan pernah berhenti.


Oleh karena itu, entrepreneur perlu mengikuti perubahan setiap kondisi politik di negara ini dan menghubungkan kepada bisnisnya. Bagaimana dengan anda? Hmmmmm…
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: